01/12/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Gunungan 1001 Wingko, Warga Babat Lamongan Desak Hak Paten Wingko Jadi Brand Babat

3 min read

Festival Gunungan 1001 Wingko Babat digelar tepatnya dilapangan Sawoggaling di kelurahan/kecamatan Babat Lamongan (Foto.dok: hms)

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Festival Gunungan 1001 Wingko digelar dilapangan Sawoggaling kelurahan/kecamatan Babat, desak Pemkab. Lamongan Patenkan Wingko jadi Brand kota Babat.

Sebanyak 1001 wingko yang dibagikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Babat yang hadir dalam Festival 1001 wingko ini disusun menyerupai gunungan berdiri tegak ditengah Lapangan Sawoggaling kelurahan/kecamatan Babat, kabupaten Lamongan.

Tak hanya gunungan 1001 wingko. Festival ini di gelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan “Pahlawanku Teladanku” juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan jalan sehat dengan stard-finish lapangan Sawoggaling Babat.

“Serta pengundian kupon dengan hadiah yang sangat menarik, diantaranya jaket, payung, televisi, kompor, kipas angin, kulkas, serta door price hadiah utama berupa 1 (satu) unit sepeda motor Matic.

Acara ini digelar untuk memperingati Hari Pahlawan, saat ini, kelurahan Babat kecamatan Babat, kabupaten Lamongan, berbenah, dengan #Babat Lebih Baik, diharapkan agar bisa menjadi kelurahan yang lebih baik lagi kedepannya,” terang Ketua panitia penyelenggara. Minggu (19/11).

Senada, Lurah Babat Moh. Faris Hasbi mengatakan, kegiatan festival ini dari ide awal, ini menindaklanjuti peran pak Bupati dalam mengambil alih hak paten wingko ini, bahwa wingko ini yang asli berasal dari Babat.

“Ide kita dari teman-teman Karang Taruna kelurahan Babat bagaimana kita bisa menggairahkan, kita bisa menata UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), mendata dan tahu ada 16 pengusaha wingko di Babat ini,” katanya.

Kita tindak lanjuti dengan mengumpulkan para pengusaha wingko, kita mintai kontribusi dalam acara festival ini untuk menyumbangkan wingko untuk dibuat gunungan sebanyak 1001 Wingko Babat.

Besar harapan disampaikan pada pemangku kebijakan, mohon berkenan untuk lebih memperhatikan lagi dengan memberikan fasilitas berupa sentra produksi wingko, sentra produksi UMKM yang ada di kelurahan Babat ini.

Kita tahu semuanya bahwa partisipasi serta antusiasme warga Babat dan sekitarnya ini sangat luar biasa,” ujar Lurah Babat kepada sejumlah wartawan yang hadir di lokasi.

Bupati YES sapaan akrab Bupati Lamongan menegaskan, pihaknya mengenalkan kembali bahwa wingko itu dari Babat, dan kedepan kita akan berusaha supaya wingko Babat ini juga akan kita hakikan (Kepunyaan, adat kebiasaan, benar-benar ada) sebagaimana Soto Lamongan dan yang lain.

Karena disini melihat sejarahnya sudah sangat lama sekali, bahwa wingko ini melekat dengan Babat dan Babat melekat dengan wingko. Untuk itu harus kita dorong pemerintah supaya ini semakin besar, semakin produktif dan tentu akan bisa mengungkit perekonomian di Babat ini,” ungkap Pak YES.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada pak Camat supaya ini jadi festival tahunan dan terus didorong supaya lebih besar dan sifatnya lebih nasional lagi, karena kita tahu ada banyak stand UMKM yang antusias mengikuti kegiatan festival ini.

Festival ini, dihadiri Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Sekretaris Daerah Moh. Nalikan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Anang Taufik, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa M. Zamroni.

Serta Camat Babat Johny Indrianto Firmansyah, Lurah Babat Moh. Faris Hasbi, seluruh anggota Karang Taruna kelurahan Babat, juga ribuan warga kecamatan Babat, tumpah ruah di Lapangan Sawoggaling Babat Lamongan.

Festival yang digelar setiap tahun ini, dengan serangkaian acara. Diantaranya Jalan Sehat, Festival Gunungan 1001 Wingko, Bazar UMKM dengan Support by sponsor: 3nsportwear, Siiplah, HONDA BONANZA, Pengadaian, Indofood, Freshcare, AYCELL, serta bankjatim.

Penulis : Bang IPUL / Tian
Editorial : Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.