07/12/2022

Dicari Karena Berani Dibaca Karena Fakta

Sedekah Bumi Desa Kemlagilor Lamongan Gelar Wayang Kulit Ki Dalang Munawar

2 min read

Pagelaran Wayang Kulit Ki Dalang Munawar diselenggarakan pada acara Sedekah Bumi di Kemlagilor, kecamatan Turi, kabupaten Lamongan (Foto.dok: Bang IPUL / Tian)

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Ratusan warga desa Kemlagilor sangat antusias memadati balaidesa menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit dan gamelan acara Sedekah Bumi desa setempat.

Pagelaran wayang bersama Ki Dalang Munawar asal desa Tawangrejo, kecamatan Turi mendapat sambutan positif warga desa Kemlagilor, kecamatan Turi, kabupaten Lamongan, pada Rabu (23/11/2022).

Wayang Kulit dengan lakon (judul) “Gugure Dosomuko Sirnane Angkoro Murko” ini dihadiri oleh jajaran pemerintah desa setempat bersama forkopimcam, diantaranya Camat kecamatan Turi, Kapolsek dan Danramil 0812/03 beserta tokoh masyarakat tokoh pemuda dan masyarakat sekitar.

Dalam hal ini Abdul Rochim Kepala Desa (Kades) Kemlagilor mengatakan, “Bahwa acara Sedekah Bumi tradisi tahunan yang diselnggarakan rutin ini dilaksanakan setiap tahun paskah panen.

“Disamping, menurut Kades Rochim, sebagai tanda dimulainya bercocok tanam. Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pemberian rezeki yang cukup melimpah, yakni berupa hasil panen padi,” katanya.

Kita saksikan bersama, begitu meriah dengan adanya tontonan wayang kulit ini karena setelah sekian lama warga menahan diri untuk bertahan dalam situasi pandemi covid-19, meski pandemi belum berakhir dan warga harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ditambahkan Abdul Rochim selaku Kades Kemlagilor, kesenian Wayang Kulit merupakan seni adi luhung yang berperan penting dalam rangka pengembangan dan pembentukan moral bangsa.

“Sehingga ke depan bangsa kita menjadi bangsa yang besar, bangsa berkarakter dan bangsa yang adiluhung,” ujarnya.

Lanjut Kades Rochim, seni wayang sudah diakui oleh dunia lewat UNESCO sejak 07 November 2003. Oleh karena itu sebagai pewaris wayang, kita memiliki tanggung jawab moral untuk melestarikan budaya bangsa dan mengembangkannya.

Ditempat yang sama,Abdul Rochim sebagai Penanggung jawab acara sedekah bumi kegiatan ini juga mengungkapkan

“Puji syukur Alhamdulillah kami haturkan atas terselenggaranya sedekah bumi ini. Kami sebagai Bapaknya warga desa dalam kegiatan Sedekah Bumi di tahun 2022 ini, merasa bangga dan terharu.

Atas kerjasama dan kekompakan perangkat desa dan warga masyarakat Desa Kemlagilor yang bersinergi untuk menyelenggarakan dan memeriahkan acara yang menjadi tradisi tahun ini, semoga di tahun depan akan lebih meriah lagi,” tutupnya..

Penulis : Bang IPUL / Tian
Editorial : Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.