OPINI

Sifat Pemimpin Sabar, Jujur, Tegas, Bagaikan Burung Elang, dan Siap Mengayomi Rakyatnya

Penulis: Daud Djoni WD

Ketua DPC LSM KOBRA Banyuwangi

Salam Persatuan πŸ‡²πŸ‡¨

Asallamualaikum…
Salam Sejahterah…
Salam Kebajikan…

Sahabatku semua, tulisan ini mengingatkan akan kehidupan di Bumi ini, dibaratkan hidup itu bagikan kawanan burung elang dewasa terbang kesana kesini untuk mencari kehidupan di alam terbuka, dan kadangkala burung elang bisa menemukan makanan, bahkan sama sekali tidak menemukan makanan, juga banyak ancaman hewan lainnya seperti, hewan ular, hewan singa dll. Keinginan burung elang hanya mencari makanan di alam bebas untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil dan perlu diberikan makanan, dan burung elang selalu melindungi, mengayomi anak-anaknya dari ancaman hewan lainnya, agar anak-anaknya dapat hidup bersama kawanan burung elang di Bumi ini.

Begitu juga burung elang, diumpamakan seorang Pemimpin harus mampu memimpin bawahannya seperti burung elang dan mempunyai sifat sabar, jujur, tegas dan dapat melindungi, mengayomi bawahannya. Dan jikalau bawahannya punya kesalahan dan/ pelanggaran, tentunya seorang Pemimpin punya jiwa tegas dalam mengambil keputusan, namun dengan sifat sabar, rendah hati dalam memberikan tindakan dan/ hukuman kepada bawahannya. Walaupun dalam kehidupan di Alam Bumi ini banyak tantangan, hambatan dan rintangan, seorang Pemimpin harus bijaksana dan dapat mampun memimpin bawahannya, agar dapat tercapainya tujuan dan harapannya capaian dari seorang Pemimpin.

Pemimpin harus mempunyai istilah bahasa Jawa, Ojo duwe sifat Ojo dumeh, adigang, adigung, adiguno ” dan istilah Ojo dumeh, berarti sifat angkuh, sombong, istilah Adigang berarti memiliki kelebihan dan kekuasaan. Adigung, berarti membanggakan kekayaan hartanya. Adiguno, berarti membanggakan kecerdasaan, kemampuannya.

Sahabatku semua, semoga tulisan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua teruntuk sebagai seorang Pemimpin mampu dapat memberikan contoh tauladan yang baik dan benar, humanis kepada bawahannya dan bisa melayani, mengayomi, melindungi rakyatnya.

” Ojo lali, utamakan jaga persaudaraan mulai Pimpinan dengan bawahan, serta jaga Persatuan bersama rakyatnya ”

Wassalamualaikum…
Terimakasih…
πŸ™πŸ™πŸ€πŸ€πŸ’–

ISI TANGGUNG JAWAB PENULIS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button