MATARAMNTB

Dr. Jack Hadiri PKRS Awards, RSUD Provinsi NTB Berhasil Raih Juara II Kategori Rumah Sakit Daerah

Direktur, dr. H.L Herman Mahaputra, M.Kes., M.H. (foto: Aini)

MATARAM, BIDIKNASIONAL.com – Bertempat di Jakarta Kementrian Kesehatan RI, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI dan Indonesian Health Promoting Hospital (IHPH). Memberikan penghargaan PKRS Award dalam kategori Rumah Sakit Daerah sebagai Juara II kepada RSUD Provinsi NTB yang diwakili oleh Direktur, dr. H.L Herman Mahaputra, M.Kes., M.H. dan tim PKRS, Jumat 13/Januari/2023.

PKRS sendiri merupakan kegiatan memberdayakan pasien, keluarga pasien, SDM RS, pengunjung RS dan masyarakat di sekitar RS untuk berperan serta aktif dalam proses asuhan untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju derajat kesehatan yang optimal.

PKRS Award diadakan dengan maksud memberikan apresiasi sebagai bentuk pembinaan terhadap rumah sakit yang telah menyelenggarakan dan menerapkan promosi kesehatan yang telah memenuhi standar-standar PKRS sesuai PMK No. 44 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dan mengimplementasikannya di lapangan.

PKRS Award yang diselenggarakan secara nasional untuk pertama kalinya di tahun 2022 ini terdiri dari 3 kategori pemenang yakni RSUD, RS Vertikal, dan RS Swasta. Penetapan pemenang berdasarkan hasil diskusi tim yang mengacu pada pemeriksaan dokumen, video, karya ilmiah, dan hasil visitasi. Berikut adalah list para pemenang PKRS Award:

Pemenang kategori RSUD
Juara I: RSUD Al Ihsan (@rsudalihsan)
Juara II: RSUD Prov. NTB (@rsudprovinsintb)
Juara III: RSUD Dr. Iskak Tulungagung (@rsud.iskak)
Juara Harapan I: RSUD Cilacap (@rsud_cilacap)
Juara Harapan II: RSUD dr. Soedarso (@humasrsuddoktersoedarso)

Pemenang kategori RS Vertikal
Juara I: RSUP dr. Sardjito (@rssardjito_official)
Juara II: RS Jiwa dr. Marzoeki Mahdi (@rsjmmbogor)
Juara III: RSA UGM (@rsugm)
Juara Harapan I: RSPI dr. Sulianti Saroso (@rspi_sulianti_saroso)
Juara Harapan II: RSUP Persahabatan (@rsuppersahabatan)

Pemenang kategori RS Swasta
Juara I: RS Immanuel Bandung (@rsimmanuelbdg)
Juara II: RS PKU Muhammadiyah Temanggung (@pkutemanggung)

Pemenang kategori khusus RS yang menginisiasi dan menginspirasi perkembangan PKRS di Indonesia RSUD R. Syamsuddin SH (@rsud_syamsudin)

Penganugerahan PKRS Award ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Desember 2022, mulai dari pengisian assesment penerapan standar PKRS, pembuatan karya tulis, pengiriman video hingga kegiatan penjurian dan survey lapangan dari Kementerian Kesehatan dan IHPH.

Dalam sambutan Dirjen Kesehatan Masyarakat yang dibacakan oleh Direktur Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, drg. Widyawati, MKM menyatakan bahwa Promosi Kesehatan di RS harus dilakukan secara berkesinambungan dan bersinergi agar masyarakat dapat mengambil manfaat dari kunjungannya ke RS dan mengubah pola pikir masyarakat terhadap kesehatan pada umumnya.

dr. Jack selaku Direktur RSUD Provinsi NTB  juga sangat mengapresiasi kegiatan PKRS Award Tahun 2022 ini, sebagai ajang bagi RS untuk terus berpacu meningkatkan kegiatan promosi kesehatan oleh rumah sakit.

“Saya Berharap PKRS Award ini dapat menjadi pemacu bagi seluruh rumah sakit di Indonesia dalam meningkatkan layanan edukasi kesehatan kepada masyarakat demi peningkatan mutu dan keselamatan pasien.” Ungkapnya.

Lanjut dr. Jack, RSUD Provinsi NTB juga terus mengoptimalkan pemberian edukasi dan mengembangkan inovasi agar edukasi kesehatan ini dapat menyentuh semua lapisan masyarakat NTB pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, mengingat kecanggihan teknologi pada saat ini sehingga siapapun dimanapun dapat mengakses informasi dimana saja. Hal ini tentu saja selaras dengan misi Provinsi NTB yaitu NTB Sehat dan Cerdas, tutup nya.

Laporan: Aini

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button