LAMPUNG BARAT

GUBERNUR ARINAL MINTA PEMKAB PERKUAT PEREKONOMIAN RAKYAT, TINGKATKAN PDRB PERKAPITA

Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi (kanan) menggelar silaturahmi Forkopimda Lampung Barat di Sekolah Kopi Pekon Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya, Selasa (24/01/2023)// Foto: Taufik

LAMPUNG BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi menggelar silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat (Lambar), bertempat di Sekolah Kopi Pekon Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya, Selasa 24-01-2023.

Silaturahmi tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur Lampung ke-Lambar.

Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Lambar Drs. H. Nukman M.M menyampaikan terimakasih atas silaturahmi sekaligus pembinaan kepada Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar.

Dirinya berharap momentum tersebut untuk dapat dimanfaatkan memperkuat sinergitas antara Pemkab Lambar dengan Pemerintah Provinsi dalam mendukung pembangunan di Lampung.

Dikatakan Nukman, sejauh ini Pemkab Lambar sudah mendukung penuh atas program pembangunan di Lampung diantaranya dapat dilihat dari tema pembangunan Lambar tahun 2023 yakni “Penguatan ekonomi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur publik”.

“Tema pembangunan tersebut pak Gubernur, tentunya tidak lepas dari tema pembangunan Provinsi Lampung yang mendukung prioritas nasional,” terang Nukman.

Pj. Bupati berharap agar Pemerintah Provinsi Lampung terus memberikan dukungan terhadap pembangunan di Lambar.
Sebab kata Nukman, dukungan Pemerintah Provinsi Lampung sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan di Lambar.

Nukman menyampaikan terimakasih atas program yang telah dijalankan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Lambar, diantaranya sektor pertanian dan perkebunan yang merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung.

“Selain itu di bidang infrastruktur pembangunan jalan Kecamatan Suoh sepanjang 1,15 Km, Pembangunan jalan di Kecamatan Kebun Tebu dengan nilai mencapai Rp. 12 M,” tuturnya.

Lebih jauh,Nukman berharap kedepannya Pemerintah Provinsi Lampung dapat mendukung rencana Pembangunan di tahun 2023 ruas jalan Liwa – Sumatra Selatan sepanjang 19,1 meter.

Sementara, Arinal Djunaidi mengajak Pj. Bupati beserta jajaran menjadikan momentum tersebut untuk salah satu wadah menjalin sinergitas.

“Pada momen yang penting ini, mari kita awali tahun 2023 dengan niat melaksanakan seluruh program pembangunan yang lebih baik dan yang langsung menyentuh rakyat,” kata Arinal Djunaidi.

Gubernur Lampung mengatakan untuk mewujudkan sasaran pembangunan di Lampung perlu adanya kontribusi dan dukungan dari Kabupaten/kota.

Oleh karena itu, Arinal meminta kepada Pemkab Lambar kedepannya dapat berkontribusi dalam menjalankan pembangunan di Lampung.

“Saya ingin menegaskan, untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan
nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Pekon,” tegas Gubernur yang juga sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Lampung itu.

Disela sambutannya, Arinal menyampaikan catatan untuk Kabupaten Lambar kedepannya dibutuhkan penguatan ekonomi rakyat dengan mengoptimalkan perkebunan kopi masyarakat baik melalui diversifikasi intercroping dan crop livestock ternak kambing dengan kopi untuk meningkatkan pendapatan petani.

“Mengingat PDRB perkapita Lambar saat ini terendah di Provinsi Lampung 24 juta pertahun perjiwa. Juga hilirisasi hortikultura seperti cabe dan tomat yang saat panen harga jual jatuh di lakukan program hilirisasi terhadap produksi hortikultura,” sebutnya.

Untuk mendukung akses Perekonomian di Kabupaten Lambar di Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan Pembangunan dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi, tutup Arinal.

Laporan: TAUFIK

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button