BANYUWANGIJATIM

PENEMUAN KAPAL TERDAMPAR DI TEPI PANTAI PARANG IRENG TAMAN NASIONAL ALAS PURWO BANYUWANGI

Kapal terdampar di tepi Pantai Parang Ireng Taman Nasional Alas Purwo Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi (1/2/2023)// foto: tim

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Pada hari Rabu 1 Februari 2023 sekira pukul 11.34 Wib telah ditemukan kapal terdampar di tepi Pantai Parang Ireng Taman Nasional Alas Purwo Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi.
Kasus dalam penanganan Satpolairud Polresta Banyuwangi dan di backup Ditpolairud Polda Jatim.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi KOMPOL Masyur Ade, SIK, MH melalui Kasi Binmasair Aiptu I Gede Eka Darmayasa menjelaskan, ” Kronologis kejadian sebagai berikut :

Pada hari Selasa tanggal 31Januari 2023, sekitar jam 21.30 Wib, telah ditemukan kapal terdampar di Pantai Parang Ireng Taman Nasional Alas Purwo Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi yang mana awalnya sekitar jam 17.00 Wib Sdr. Mandra memancing di sekitar Pantai Parang Ireng dan melihat ada kapal di tepi pantai namun saat itu tidak terlalu di perhatikan.

Akan tetapi ketika hari mulai magrib dan gelap di kapal tersebut tidak tampak ada aktifitas dan lampu kapal tidak menyala, kemudian sekitar jam 18.30 Wib Sdr. Mandrak pulang dan mampir di Pos Resort Pancur TN Alas Purwo untuk melaporkan hal tersebut yang selanjutnya sekitar jam 21.30 Wib Sdr. Mandra, Sdr. Sumarni, Sdr. Andra dan pemancing yang ada disekitar TKP tersebut mengecek kapal dan ternyata tidak ada Nahkoda/Abk di kapal serta kondisi kapal sudah rusak pada bagian atas dan sudah tumbuh tirem di bagian dalam yang mana kapal tersebut bernama KM Gunung Baru 1, dan karena angin kencang, ombak besar dan kondisi gelap akhirnya kembali pulang.

Kemudian pada hari Rabu, tanggal 1 Februari 2023 sekitar jam 11.30 Wib kembali melakukan pengecekan kapal dan sekaligus berusaha untuk mengamankan sementara kapal tersebut dengan mengikat bagian belakang kapal ke pohon di pinggir pantai menggunakan tali tambat, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Satpolairud Polresta Banyuwangi yang selanjutnya di tindak lanjuti dengan turun ke TKP dan memeriksa kembali kondisi kapal serta mengumpulkan informasi.

“Kasus ditangani Satpolairud Polresta Banyuwangi dan di backup Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim,” jelas Aiptu I Gede Eka Darmayasa, Rabu (1/2/2023)

Adapun saksi – saksi antara lain; Mandra, umur 47 Th, Islam, Nelayan, alamat Desa Bagorejo Kec. Srono Kab. Banyuwangi, Sumarni, umur 58 Th, Islam, Petugas TN Alas Purwo Kec. Tegaldlimo Banyuwangi dan Andra, umur 21 Th, Islam, Mahasiswa Brawijaya, Alamat Perum. Karamglo Indah Blok H2 Kel. Bale arjosari Kec. Blimbing Kota Malang.

Tindakan Kepolisian Perairan yang telah dilaksanakan diantaranya;

1. Mendatangi TKP
2. Melakukan Koordinasi dengan instansi terkait yaitu Taman Nasional Alas Purwo terkait dengan temuan kapal kandas tersebut.
3. Membuat laporan dan melaporkan kejadian yang terjadi pada kesempatan pertama kepada pimpinan untuk diambil langkah-langkah kebijakan lebih lanjut.
4. Menangani Kasus kejadian yang terjadi secara Profesional dan prosedural sesuai peraturan serta Ketentuan Perundang- undangan yang berlaku.

Laporan: j0181/Tim

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button