JATIMLAMONGAN

Inovasi “Kekasih Sejiwa” dan “Si Manda” pada 1th RSUD Karangkembang Lamongan

Melalui Inovasi Home Care “Si Manda” dan “Kekasih Sejiwa” disuguhkan pada 1 tahun usia RSUD Karangkembang, di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan (Foto.dok: Bang IPUL / Tian

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Satu tahun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangkembang, tingkatkan kualitas layanan jiwa dengan inovasi “Kekasih Sejiwa” dan “Si Manda”.

Memasuki 1 tahun usianya menjadi rumah sakit umum daerah, RSUD Karangkembang yang terletak di Jl. Raya Jombang KM 2 Babat Kabupaten Lamongan terus melakukan peningkatan kualitas layanan khususnya pelayanan jiwa. Melalui Inovasi Home Care “Si Manda” dan “Kekasih Sejiwa”.

RSUD Karangkembang melengkapi pelayanannya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang dilauncing langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Senin (20/2).

Direktur RSUD Karangkembang dr. Maya Dewi H N, menyampaikan, sebelum naik kelas menjadi RSUD, pada 2017 Puskesmas Karangkembang merupakan Puskesmas Plus. Sebab saat itu telah memiliki layanan penanganan gangguan kejiwaan.

Serta melengkapi kualitas pelayanan jiwa, RSUD Karangkembang menginovasikan Home Care Si Manda (Kami Siap Datang Ke Rumah Anda) yang dapat dihubungi melalui WA/telepon ke nomor layanan 0821-4158-7748 dan 0812-3582-3899.

” Ini merupakan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan kesehatan di rumah.

Dengan Inovasi ini, pihak keluarga bisa menghubungi ke nomor pendaftaran, kemudian petugas akan meregistrasi untuk menentukan jadwal kunjungan. Setelah itu, tim akan melakukan pemeriksaan di rumah dan melakukan tindakan dan perawatan intensif kepada pasien,” ungkap dr. Maya.

Selain itu, kata dr. Maya, membersamai Inovasi Home Care Si Manda, RSUD Karangkembang juga menginovasikan Kekasih Sejiwa (Keluarga Kami Sigap dengan Kesehatan Jiwa). Dimana dukungan dan peran keluarga memiliki andil besar.

” Episode kekambuhan pasien jiwa setelah keluar dari rumah sakit biasanya masih ada apalagi jika obat yang kami berikan tidak rutin diminum. Melalui pendekatan keluarga (sosialisasi dan edukasi) serta rembug group integrasi bersama keluarga berhubungan dengan kondisi pasien di rumah ini.

Meski demikian, keluarga dapat memonitoring perkembangan kondisi pasien dan melaporkannya secara berkala sehingga kemungkinan kambuh 0 persen,” katanya.

Hal ini dengan tujuan membuat sistem kontrol pasien dengan gangguan jiwa ini, dr. Maya berharap, capaian target 100% clear and clean dengan tingkat kekambuhan 0% dapat terwujud.

” Karena kedepannya, kami akan bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan/BLK guna berikan pelatihan kepada pasien dengan riwayat gangguan jiwa,” ujarnya pada Bupati Yes.

Selain melaunching inovasi, dalam acara Tasyakuran 1 Tahun tersebut, Bupati Yes juga meresmikan pembukaan poli mata dan gedung IKK (Instalasi Kesehatan Kehakiman) pemulasaran jenazah yang dilengkapi dengan pendingin jenazah.

“Selamat atas 1 tahun RSUD Karangkembang. Kedepan ekstensi rsud ini dapat terus diterima masyarakat luas dan menghadirkan layanan yang berkualitas.

” Dengan berbagai inovasi yang dicanangkan akan semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat di Lamongan,” pungkas orang nomor satu di Lamongan itu.

Penulis : Bang IPUL / Tian
Editorial : Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button