BANYUWANGIJATIM

Silaturahmi Kapolresta Banyuwangi Bersama Toga, Tomas, Ormas Keagamaan dan Pemuka Agama

● Wujudkan Situasi Kamtibmas Jelang Bulan Ramadhan 1444 H Tahun 2023

Kapolresta Banyuwangi menggelar silaturahmi bersama Toga, Tomas, Ormas Keagamaan dan Pemuka Agama (20/3)// Foto: tim

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Kapolresta Banyuwangi menggelar silaturahmi bersama Toga, Tomas, Ormas Keagamaan dan Pemuka Agama, dalam rangka Mewujudkan Situasi Kamtibmas Menjelang Bulan Ramadhan 1444 H Tahun 2023 bertempat di Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwangi, Senin 20 Maret 2023, pukul 09.20 Wib sampai pukul 10.30 Wib.

Kegiatan ini dihadiri oleh AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., M.H. Wakapolresta Banyuwangi, KOMPOL Indah Citra Fitriani, SIK, KOMPOL Toni Irawan, SH.MH Kasat Binmas, AKP Yoni, SH Wakasat Narkoba, IPTU Sugiyanto, Wakasat Lantas, KH. Moh. Yamin, LC Ketua MUI / Ketua FKUB, H. Mastur Kasi Binmas Kemenag, MOH. Lutfi, S.Sos. Kakesbangpol Kab. Banyuwangi, H. Sujanto Perwakilan Muhammadiyah, Gus Khosim Perwakilan NU, H. Astro Ketua LDII, berserta perwakilan Toga Tomas se- Kab. Banyuwangi sebanyak 48 orang.

Dalam sambutan nya, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.I.K., M.H. Wakapolresta Banyuwangi menyampaikan, dalam menyambut bulan suci ramadhan ini kami mohon dukungan dari rangkaian ibadah ramadhan dan hari raya nyepi umat hindu.

“Maka dari itu segenap perwakilan bagi para tokoh agama, ormas islam se-Kabupaten Banyuwangi mari kita bersama sama mendukung dan menjaga kekhidmatan beribadah dengan saling menghormati dari perselisihan dan perbedaan dalam beribadah,” ucapnya, Senin 20 Maret 2023.

Adapun perlu diketahui Polresta Banyuwangi dengan pemerintah Banyuwangi sudah melaksanakan operasi Pekat (Penyakit Masyarakat) yang dapat mengganggu Kamtibmas selama bulan suci ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Lanjut Waka Polresta Banyuwangi, Harapan kami selaku penjaga dan penegak hukum mengajak seluruh masyarakat, Toga, Tomas dan Ormas Islam untuk turut serta menjaga HarKamtibmas di wilayah hukum Polresta Banyuwangi.

“Dalam hal ini mari kita wujudkan harmonisasi dengan tetap saling menghormati sesama pemeluk agama di wilayah hukum Polresta Babyuwangi yang mana sebagai Pemanngku Kamtibmas dengan tidak mungkin masih mwmbutuhkan bantuan dan kerjasama dengan berbagai kalangan,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, pada bulan Ramadhan 2023 ini mari kita jalin komunikasi lintas agama dalam wadah FKUB, yang mana pertemuan yang sudah rutin mari tetap kita jaga demi kesepahaman san berseiringan serta koordinasi yang baik demi terwujudnya Banyuwangi yang aman maju dan tertib, semoga dengan kekhidmatan kita dalam beribadah semoga terwujud situasi Banyuwangi Aman Nyaman dan Kondusif.

Pada kesempatan yang sama, Moh. Lutfi, S.Sos. Kepala Bakesbangpol Banyuwangi menerangkan, ” Adapun dalam hal ini secara umum konflik antar umat beragama di Kab. Banyuwangi aman dan tidak ada gesekan secara komunal, namun yang mana perlu kita konsentrasikan koflik internal dalam agama tersebut namun persoalan permasalahan internal beragama tersebut tetap konta kerjakan secara bersama dengan team terpadu. Bahwa terkait isue aktual saat ini yang mana masih maraknya peredaran Narkoba dan penjualan Minol yang mana sudah banyak minta penutupan serta penolakan penjualan di warung minol di berbagai tempat di wilayah Kab. Banyuwangi.

Sementara itu, H. Mastur selaku Kasi Binmas Kemenag menjelaskan, ” Kami akan selalu mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah serta kami juga akan turut mensosialisasikan terkait cara khidmad dalam beribadah di bulan suci ramadhan. Dalam hal ini dan dalam waktu dekat ini Kemenag akan membuat himbauan terkait tata cara pelaksanaan ibadah selama bulan suci ramadhan demi menjaga kondusifitas Kab. Banyuwangi ” jelasnya.

Laporan: @j0181/Tim

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button