NTT

BPBD Belu Distribusikan Bantuan 832 Lembar Seng Bagi Korban Bencana Angin Puting Beliung

ATAMBUA, NTT, BN-Badan Penggelola Bencana Daerah Kabupaten Belu mendistribusikan bantuan 832 lembar seng kepada masyarakat perbatasan korban angin puting beliung pada beberapa desa di wilayah Kabupaten Belu NTT. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Belu, Alfons Kehi kepada Bidik Nasional di ruang kerjanya, Jumat, 18’10/2019 siang.

Dikatakan, lanjut Kehi, bahwa dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Belu sudah melakukan pendistribusian bantuan berupa 832 lembar seng kepada korban bencana angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu lalu di beberapa titik Kecamatan perbatasan RI-RDTL.

“Kami dari BPBD Kabupaten Belu sudah melakukan pendistribusian 832 lembar seng bagi korban bencana angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu yang lalu yang tersebar di beberapa Kecamatan wilayah Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL,” ujarnya.

Menurut Kehi, bantuan 832 lembar seng yang akan dibagikan kepada korban bencana angin puting beliung dengan rincian sebagai berikut, Kecamatan Lamaknen terdiri dari Desa Mahuitas terdapat 28 rumah rusak ringan dengan bantuan 238 lembar seng, Desa Makir 57 rumah rusak ringan dengan bantuan 428 lembar seng, Desa Lamaksenulu 3 rumah rusak ringan denhan bantuan 34 lembar seng, Kecamatan Lamaknen Selatan di Desa Lakmaras 1 buah rumah rusak ringan dengan bantuan 20 lembar seng.Kecamatan Lasiolat di Desa Fatulotu 1 buah rumah rusak ringan dengan bantuan 15 lembar seng. Kecamatan Tasifeto Timur di Desa Manleten 1 buah rumah rusak ringan dengan bantuan 10 lembar seng, Desa Umaklaran 5 buah rumah rusak ringan dengan bantuan 60 lembar seng. Kecamatan Atambua Selatan di Kelurahan Fatukbot 1 buah rumah rusak ringan dengan bantuan 10 lembar seng, Kecamatan Kota Atambua di Kelurahan Manumutin 1 buah rumah rusak ringan dengan bantuan 12 lembar seng,dan Kecamatan Atambua Barat pada Kelurahan Umanen 1 buah rumah rusak ringan diberikan bantuan 5 lembar seng.

“Kita serahkan bantuan tersebut kepada korban bencana angin puting beliung dengan dibuatkan berita acara serah terima yang ditandatangani per-KK penerima bantuan.Untuk dana pendistribusian logistik (seng) ini yang digunakan pada logistik BPBD Kabupaten Belu sedangkan untuk membantu rumah rusak berat nantinya di ambil dari dana BTT ( Belanja Tak Terduga) yang ada pada Kas Daerah Kabupaten Belu yang dalam keadaan tertentu bisa diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Alfons berharap sekaligus menghimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Belu untuk selalu waspada terhadap bencana angin puting beliung yang datang tak terduga kapan saja sehingga diharapkan peran masyarakat untuk bisa mandiri dalam mengantisipasi bencana dengan memangkas pepohonan yang terlihat tampak miring dekat rumah tinggal dengan secara mandiri, menolong diri sendiri selain pemerintah dan lembaga sosial lainnya. (anis ikun).

Related Articles

Back to top button