LAMPUNG

Dalam Muscab APDESI Lambar, Bupati Ingatkan Para Kepala Desa Jangan Alergi Dengan Wartawan dan LSM

Foto bersama bupati,Ketua APDESI terpilih, Panitia Muscab

LAMPUNG BARAT, BN-Hari Selasa (5/11) seluruh Peratin (Kepala Desa) di Kabupaten Lampung Barat mengikuti acara Musyawarah Cabang Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) yang di pusatkat di Aula Ratupikulan komplek RSU Alimudin Umar Liwa.

Acara yang di buka langsung oleh Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, yang juga dihadiri oleh Ketua APDESI Propinsi Lampung, Suhardi Buyung tersebut mengambil tema “Melalui Muscab APDESI Lambar 2019 kita wujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera, Indonesia Unggul”.

Dalam Muscab itu selain dijadikan ajang silaturahmi, evaluasi serta koordinasi, yang sangat menarik dan sangat penting yakni pemilihan Kepengurusan DPC APDDESI Lambar untuk priode 2019 – 2024.

Dalam Muscab itu Juhairi Iswanto terpilih secara aklamasi sebagai ketua yang baru. Menariknya awalnya ada dua orang calon ketua yakni Juhairi dan Boim, namun saat akan diadakan pemilihan, Boim tiba – tiba mundur dari bursa pencalonan dengan alasan merasa tidak mampu untuk menjadi nakhoda dari organisasi yang menjadi wadah para Peratin (Kepala Desa) itu.

Bupati Parosil dalam sambutannya menekankan adanya kekompakan dan sinergi antara Peratin dengan mitra kerjanya yakni LHP (BPD) dan pembina yakni camat.

“Saya ingatkan para Peratin jangan otoriter dalam menjalankan roda pemerintahan, jangan asal “pecat” terhadap aparat dan anggota LHP hanya karena permasalahan peribadi, pemimpin. Kita di Pusat telah mencontohkan kepada kita semua, hilangkan ‘dendam dan luka masa lalu kita tatap masa depan’, ” tegas Parosil.

Di bagian lain sambutannya Parosil juga mengingatkan kepada seluruh Peratin untuk menjalin komunikasi terhadap awak media dan LSM.

“Wartawan dan LSM jangan dianggap momok/monster yang menakutkan dan menjijikkan, jadikan mereka sebagai mitra kerja yang baik.” tegas Pak Cik, panggilan akrab Parosil.

Menyinggung masalah BIMTEK Peratin, bupati minta kepada Pengurus APDESI yang baru untuk segera memetakan tentang kultur dan potensi SDA dari tiap-tiap Pekon (Desa). Hal itu perlu untuk menentukan tempat daerah tujuan Bimtek atau Studi banding yang ada relefansinya dengan Pekon tersebut.

Sementara Ketua APDESI terpilih Juhairi Iswanto dalam sambutannya mengajak seluruh Peratin untuk saling bahu membahu dalam mewujudkan Lambar yang Hebat yang diawali dari pembangunan dan pembenahan di masing- masing Pekon. (FIK)

Related Articles

Back to top button