KALTENG

Melihat Keakraban Kades Sabuh dan Warga Saat Acara Perkawinan

MUARA TEWEH, KALTENG, BN-Keakraban Kepala Desa (Kades) Sabuh, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah Ahmad Zunait dengan warga sudah tidak perlu diragukan lagi. Pemandangan tersebut dapat terlihat saat digelar acara perkawinan Rahiman bin Hadriyan dan Rista binti Ato, Senin (11/11).

Kades Ahmad Zunait mengatakan, meski ditengah-tengah kesibukannya sebagai kades dan Ketua Apdesi se-Kabupaten Barito Utara ia masih meluangkan waktu untuk membantu kelancaran perkawinan warga desa. Ia selalu mengajak warga untuk selalu mengedepankan budaya gotong royong kepada salah satu warga yang mengadakan acara perkawinan.

“Saya selalu ikut membantu acara yang digelar warga. Melalui cara tersebut saya mengajak kepada  warga setempat untuk saling bantu membantu dan bahu membahu,” katanya.

Ia menambahkan, adapun yang  sering dilakukan jika dalam acara perkawinan di desa yaitu yang pertama ia dan masyarakat desa selalu mengedepankan budaya leluhur dengan moto bergotong royong saling bantu membantu.

“Acara hari ini yang kami laksanakan sesuai budaya orang-orang terdahulu yaitu, mengadakan arak-arakan pengantin pria ke rumah pengantin wanita mengunakan alat yang sering dilakukan setiap acara perkawinan. Ada juga hadrah dengan melantunkan sholawat kepada Nabi Besar Muhammad Salallahualaiiwassalam,” kata Ahmad Zunait.

Menurutnya, dengan adanya acara hadrah ini maka warga desa, tokoh-tokoh agama dan adat bisa saling bersilaturrahmi dengan sesama. Misalnya ada warga kami yang dari warga desa desa tetangga misalnya Desa Panaen, Desa Hajak dan warga yang dari pihak laki-laki yang dari Kelurahan Jambu itulah sebagai jembatan kami untuk saling tatap muka dan canda tawa bila saling bertemu.  (Efendi)

Related Articles

Back to top button