JATIM

Momen Sumpah Pemuda, Bupati Jombang Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Kreanova

Peringatan Sumpah Pemuda bertempat di Alun-alun Kabupaten Jombang

JOMBANG, JATIM, BN-Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan tema “Bersatu Kita Maju” digelar Pemkab Jombang beberapa hari lalu.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab bertindak sebagai inspektur upacara dan Kapolsek Jogoroto sebagai komandan upacara dalam kegiatan yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Jombang, Senin (28/10).‎

Acara turut dihadiri Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Ketua DPRD, Kapolres, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Jajaran PJU Polres dan Kapolsek, Danramil dan Camat.

Upacara bendera sempat menyedot perhatian peserta upacara karena pada saat pembacaan Kongres Sumpah Pemuda 1928 didampingi oleh pasukan Bhinneka Tunggal Ika yang menggunakan pakaian adat daerah yang ada di Indonesia.

Peserta upacara terdiri dari 2 Pleton dari Kodim 0814 Jombang, 1 Pleton dari SATRAD 222 Jombang, 1 Kompi dari Polres Jombang, 5 Kompi KORPRI, 1 Kompi organisasi pemuda, 1 Kompi mahasiswa, 2 Kompi Pramuka, 3 Kompi Pelajar SMA/SMK dan 2 Kompi Pelajar MA.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada tokoh pemuda tahun 1928 karena telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda yang menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia dan menjaga keutuhan NKRI.

Bertema “Bersatu kita maju” adalah untuk menegaskan kembali komitmen yang ada dalam sumpah pemuda demi persatuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Menurut Menpora, pesatnya perkembangan teknologi informasi memiliki dampak positif sekaligus juga dampak negatif yang harus dibendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu, pemuda juga harus memiliki karakter yang tangguh, berkarakter moral dan kinerja, beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan. Pemuda juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah Internasional.

Ia menambahkan, para pemuda diharapkan mampu bersaing dalam segala hal yang positif, karena pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, serta harapan dunia.

“Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, sehingga muncul tokoh-tokoh pemuda yang mendunia melalui gerakan revolusi mental yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya.

Lanjutnya, dunia telah menunggu pemuda Indonesia untuk berjuang, melahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita dengan semangat berkorban dan berjuang untuk merubah dunia.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor semangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia. Melalui sumpah pemuda ini pula sebagai bentuk penghormatan jasa para pemuda, jasa pendiri bangsa dan jasa pahlawan,” pungkasnya.

Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab menyerahkan penghargaan Amugerah Kreativitas dan Inovasi Kabupaten Jombang, juga memberikan hadiah pada masing-masing pemenang yang menjadi juara

Usai upacara bendera hari sumpah pemuda, Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyerahkan penghargaan anugerah kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Jombang tahun 2019.

Kegiatan yang telah diselenggarakan pada tanggal 15 Juli-25 Agustus 2019 lalu, telah melahirkan juara I, II dan III. Kemudian Harapan I, II dan III, serta 4 nominator.

Penyerahan hadiah lomba sekaligus sebagai penutup upacara bendera dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke-91 di Kabupaten Jombang. (Tok/Humprot)

Related Articles

Back to top button