JATIM

Pemdes Tegalsari Realisasi Program Kanggo Riko

BANYUWANGI, JATIM, BN-Pemerintahan Desa Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi telah menyalurkan bantuan sebesar Rp 105 Juta kepada 42 orang penerima manfaat program Kanggo berupa barang, jika di rupiahkan Rp 2.5 Juta perorangan.

“Pada hari ini, Kamis (5/12/2019) warga penerima manfaat, kami kumpulkan di aula pendopo desa untuk pembagian Program Kanggo Riko,” kata Boniran Kades Tegalsari kepada wartawan Bidik Nasional.

Menurutnya, program ini fokus memberdayakan warga miskin guna meningkatkan usaha ekonomi dibidang Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Jadi program ini untuk membantu warga yang kurang mampu guna meningkatkan usaha ekonominya, agar kedepan yang mendapat manfaat dari Program Kanggo Riko agar bertambah lebih baik untuk mencukupi kebutuhan keluarganya,” tandas Kades Boniran setelah menyerahkan bantuan secara simbolik kepada penerima manfaat Program Kanggo Riko.

Satriyo Camat Tegalsari menambahkan dalam program tersebut pemerintah kabupaten Banyuwangi memberikan dana penguatan ekonomi Rumah Tangga Miskin (RTM) yang sedang merintis usaha atau meningkatkan usahanya.

“Rata rata penerima manfaat program tersebut Rp 2,5 Juta tidak berupa uang tetapi berupa barang disesuaikan dengan kebutuhan usaha mereka,” kata Satriyo Camat Tegalsari.

“Misalnya, ada yang jualan pentol (bakso) kita bantu membelikan gerobak dan kompor baru. Ada yang buka tambal ban tapi masih pakek pompa manual kita belikan compressor baru, kalau ibu-ibu bisa/pintar menjahit tapi tidak punya mesin jahit kita belikan mesin jahitan baru dan sebagainya,” paparnya Satriyo.

“Untuk masyarakat Desa Tegalsari ini kami minta bantuan ini benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” pinta Satriyo.

“Dana Desa (DD) sebagian untuk membangun infrastruktur, nah ADD (Anggaran Dana Desa) mendorongnya dengan memperkuat usaha warga termasuk lewat Program Kanggo Riko ini. Program ini adalah bagian dari enovasi berkelanjutan pengembangan desa dan masyarakatnya yang dilakukan Banyuwangi setelah sebelumnya menggarap Program Smarts Kampung. Dan sebagai harapan, bagi warga desa Tegalsari penerima Program Kanggo Riko Tahun 2019 benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar usahanya bisa bertambah meningkat dan berkembang ekonominya,” pungkasnya Satriyo. (Jojo BN)

Related Articles

Back to top button