Connect with us

KPBU SPAM Umbulan Diresmikan, Bupati Sidoarjo Meminta Masyarakat Dapat Memanfaatkan Dengan Baik

35 views

JATIM

KPBU SPAM Umbulan Diresmikan, Bupati Sidoarjo Meminta Masyarakat Dapat Memanfaatkan Dengan Baik

SIDOARJO, JATIM, BN-Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di soft launching Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa di Rumah Meter Porong PDAM yang berada di sisi Barat jalan Arteri Porong Kabupaten Sidoarjo, Minggu, (22/12).

Forkopimda Jawa Timur seperti Pangdam V Brawijaya, Kajati Jawa Timur serta Wakapolda Jawa Timur hadir dalam soft launching tersebut.

Selain itu juga hadir Watimpres RI Dr. H. Soekarwo dan Deputi Pengembangan Infrastruktur Kementerian Perekonomian RI Dr. Wahyu Utomo serta Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR RI Dr. Eko D Heripoerwanto. 5 kepala daerah yang wilayahnya mendapatkan distribusi air tersebut juga diundang. Diantaranya, Bupati Sidoarjo, Bupati dan Wali Kota Pasuruan serta wali Kota Surabaya dan Bupati Gresik.

Gubernur mengatakan KPBU SPAM Umbulan akan memenuhi kebutuhan air minum di 5 kabupaten/kota di Jawa Timur. Antara lain Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan serta Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. 1,3 juta warga di 5 kabupaten/kota tersebut akan mendapatkan air yang layak minum.

Gubernur juga mengatakan kapasitas SPAM Umbulan mencapai 4 ribu perdetik. Jaringan pipa air yang tersambung sepanjang 93 Kilometer. Dari 93 Kilometer tersebut hanya 1,9 Kilometer yang belum tersambung. Dia berharap Januari tahun depan proses pipanisasi dapat terselesaikan seluruhnya.

“Januari yang akan datang, kami berharap seluruh proses distribusi air dari SPAM Umbulan dengan skema pembiayaan KPBU ini bisa terdistribusi secara maksimal,” harapnya.

Sekdaprov Jawa Timur Dr. Ir. Heru Tjahjono memaparkan progres fisik pelaksanaan KPBU SPAM Umbulan telah mencapai 95,2%. Akhir Januari 2020 direncanakan pemanfaatan KPBU SPAM Umbulan telah mencapai Surabaya dan terserap sampai 1.000 liter perdetik. Penyerapan kapasitas air tersebut secara bertahap akan meningkat sampai 4.000 liter perdetik.

Dikatakannya, soft launching KPBU SPAM Umbulan kali ini telah mencapai offtake Porong Sidoarjo yang mencakup 8 offtake dari keseluruhan 18 offtake. Diantaranya Winongan, Pohjentrek, Pleret, Bangil, Gempol, Porong, Porong Sidoarjo. Offtake Porong Sidoarjo tersebut melayani kebutuhan air minum wilayah Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.,M.Hum menyambut baik progres KPBU SPAM Umbulan. Diharapkannya, masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik air SPAM Umbulan tersebut. Dikatakannya Kabupaten Sidoarjo mendapatkan distribusi air SPAM Umbulan yang terbanyak. Oleh karenanya masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik air minum tersebut.

“Air SPAM Umbulan ini bukan air mandi, ini air minum, harus betul-betul kita manfaatkan, jangan dibuang sia-sia,” pintanya. (yah)

More in JATIM

To Top
%d blogger menyukai ini: