KALTENG

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Pemdes Mukut, Barito Utara Luncurkan Ambulance

MUARA TEWEH, KALTENG, BN-Pemerintah Desa (Pemdes) Mukut, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara melalui musyawarah desa (Musdes) tahun 2019 menganggarkan pengadaan ambulance.

Pengadaan ambulance dianggarkan dari Dana Desa Tahap (DD) tahun 2019 tahap II.

Kades Mukut, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara Ahmat Sazid mengatakan, pengadaan ambulance adalah untuk mengantisipasi sewaktu-sewaktu jika ada warga yang membutuhkan.

“Ambulance diperlukan jika sewaktu-waktu ada warga yang sakit atau jika ada yang mau melahirkan. Pokoknya kami dari Pemdes Mukut siap siaga terkait dengan kebutuhan warga desa yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan cepat,” katanya, Sabtu (28/12).

Kades Mukut berharap kepada masyarakat untuk saling bantu membantu merawat dan menjaga mobil tersebut. Hal tersebut sangat diperlukan mengingat ambulance itu milik desa yng berarti milik seluruh warga Desa Mukut.

“Saya anjurkan kepada masyarakat untuk jangan segan-segan meminta bantuan pertolongan bila melibatkan mobil ambulance milik desa ini. Kalau memang sudah tidak mungkin lagi bisa dirawat di rumah mari kita sama-sama membawa pasien ke RSUD Muara Teweh karena pelayanan yang memang ahlinya di bidang kesehatan,” katanya.

Menurut Sazid, kendaraan ini dapat mempermudah dan meningkatkan pelayanan kesehatan terutama di desa-desa terpencil. Kades menceritakan, dulu bila ada warga yang sakit keras mau ke rumah sakit membutukan beberapa jam karena tidak adanya sarana untuk mengangkut pasien. Akibatnya pasien sering terlambat bahkan ada yang belum sempat ke RSUD sudah mengalami banyak hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya, sekarang hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam sudah sampai ke RSUD Muara Teweh. Ia menambahkan, ‎untuk pasien sudah disiapkan juga alat pengangkut pembaringan. Hal tersebut diperlukan mengingat masih belum punya akses jalan yang bisa masuk ke desa sekitar 100 meter dari ujung kampung secara manual dan gotong royong mengangkut pasien menuju ambulance yang sudah standby menungu di dekat kantor BPD Desa Mukut tepatnya ujung jembatan gantung milik Desa Mukut. (Efendi)

Related Articles

Back to top button