NTT

Enam WNA China Terdampar Di Laut Rotendao, Diduga Imigran Gelap

ROTENDO, BN, NTT-Enam penumpang warga negara asing (WNA) asal China dengan satu unit kapal motor diduga imigran gelap yang hendak menyeberang ke Australia, terdampar di sekitar tambak garam Oesosole, Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT, Selasa (28/1).

Informasi yang diperoleh para awak media dari warga di sekitar lokasi menyebutkan bahwa kapal motor tersebut terdampar sekitar pukul 08.00 Wita.

Setelah informasi tersebut disampaikan kepada pihak keamanan, sekitar pukul 11.00 Wita, enam WNA asal China penumpang kapal motor naas tersebut dievakuasi oleh personel Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Rote Ndao dan Pos TNI AL mengevakuasi menuju Pos TNI AL di Desa Papela, Kecamatan Rote Timur.

Sekretaris Desa Papela Sumardi yang dikonfirmasi para awak media melalui telepon genggamnya membenarkan kejadian tersebut.

Menurutnya, setelah mendapat informasi tersebut tim gabungan Polair, Pos AL Papela, dan Polres Rote Ndao, bersama warga nelayan menuju TKP di Oesosole, Desa Faifua untuk mengevakuasi enam orang WNA asal China tersebut.

Sementara kapal naas tersebut dibawa oleh nelayan dan disandarkan di Dermaga Papela.

“Saat ini kapal tersebut sudah sandar di Dermaga Papela, sementara keenam warga asal China untuk sementara diamankan dan dimintai keterangan di Pos TNI AL Papela,”.katanya.

Sementara Kapolres Rote Ndao AKBP BAMBANG HARI WIBOWO.SIK.MSi yang dikonfirmasi media ini melalui pesan Whatsapp terkait kejadian tersebut mengatakan Enam imigran gelap china di wilayah hukum Polres Rote Ndao.

Berikut daftar nama ABK dan penumpang :

1. Aba panggilan akem (Flores/Adonara Timur)

2. Mardan (Sulawesi selatan)

3. Fan Shenghong (Jiangsu/China)

4. Cui Henggo (Jiangsu/China)

5. Hang Yongsheng (Jiangsu/China)

6. Wang Sisen (jiangsu/China)

7. Han Baolin (Jiangsu/China)

8. Chu Kaishan (Jiangsu/China)

(MTC01/anis ikun).

Related Articles

Back to top button