SUMSEL

KONI Sumsel dan Poltekpar Lakukan Penandatanganan MoU,  Sport Tourism Segera Digelar

Palembang,– (BN) KONI Sumsel dan Poltek Pariwisata (Poltekpar) Palembang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di kantor Poltekpar JSC, Selasa(17/3/2020) pagi. Selanjutnya kedua belah pihak segera berkolaborasi menggelar even sport tourims (olahraga wisata).

MoU ini dilakukan oleh Ketua Umum KONI Sumatera Selatan, H Hendri Zainuddin dan Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap. Hadir juga dari jajaran pengurus inti KONI, Sekretaris Umum Ir. Suparman Roman, Ketua Harian H. Ahmad Tahir serta pengurus lainnya.

Ketua Umum KONI Sumatera Selatan, H Hendri Zainuddin, menyatakan, bahwa memang kita masih kekurangan tenaga pramuwisata (pemandu wisata/tour leader) yang memahami olah raga. Tenaga pemandu wisata semacam ini masih sangat langka.

Mungkin untuk tour leader yang memahami masalah pariwisata sudah cukup banyak, namun yang sekaligus juga mengerti dan mendalami olah raga tertentu, tidak terlalu banyak. Maka pekerjaan rumah ke depan adalah menyiapkan tenaga pramuwisata yang memahami seluk beluk sport, sekaligus memahami masalah wisata keseluruhan dengan baik.

“ Dengan adanya kerjasama dengan Poltekpar Palembang diharapkan Nantinya dapat melahirkan pramuwisata yang handal dan dapat berkontribusi dalam indusri bisnis Bidang Olahraga,  sport-tourism yang juga dapat menghadirkan investor untuk mengembangkan usahanya di sumsel,” Tandas Hendri.

Selain itu, Hendri menjabarkan dengan adanya MoU ini, KONI Sumsel dan Poltekpar Palembang saling terintegrasi dalam hal sport tourism, maupun sektor pendidikan pariwisata itu sendiri.

Sementara itu Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap  merasa bersyukur adanya MoU dengan KONI Sumsel, “Alhamdulillah Poltekpar Palembang telah menandatangani MoU dengan KONI Sumsel. Karena kementerian pariwisata telah menetapkan bahwa Sumsel Centre excelence untuk sport Tourism,” katanya.

Zulkifli menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tenaga professional dalam mengelar pendidikan di kampus Poltekpar, Zulkifli juga menjelaskan bahwa pihaknya telah memiliki kajian terhadap penyelengaraan sport tourism, dimana sport tourism ini roda penggerak ekonomi yang dihasilkan sumsel.

“Kami implementasikan langsung bersama KONI yang akan menyelenggarakan event internasional dan regional,” urainya.

Zulkifli berharap even piala dunia U21 yang rencananya  akan berlangsung di Palembang, Poltekpar Palembang akan memperkuat posisinya terhadap sport tourism. “ Kemudian dilanjutkan tahun depan akan ada  event berskala Nasional seperti Popnas.

Kita berharap agar mahasiswa Poltekpar dapat  dilibatkan, hal ini kami tawarkan karena kita sudah punya pengalaman membantu pemerintah dalam penyelengaraan Asean Game beberapa waktu yang lalu,” bebernya.(Daeng)

 

Related Articles

Back to top button