JATIM

DR : Untung Ada Program Baik BPJS Kesehatan Yang Setia Mendampingi Suami

DR istri dari Joko Prinoto (30) peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

SURABAYA, JATIM, BN – Ditemui wartawan koran Investigasi Bidik Nasional & bidiknasional.com di lobby IGD Rumah Sakit (RS) Dr. Soetomo Surabaya, Rabu 27 Januari 2021 petang, DR istri dari Joko Prinoto (30) peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengaku sangat beruntung dengan adanya program Jaminan Kesehatan yang selama ini dijalankan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Untung ada program baik BPJS kesehatan yang selama ini setia mendampingi suami saya saat sakit,” ucap DR, atau yang akrab di panggil Kiki ini.

Untuk diketahui, Joko Prinoto adalah suami dari DR yang sampai sekarang berdomisili di Bangkalan, Jawa Timur. Ia mengatakan suaminya telah sering kali menggunakan kartu BPJS kesehatannya untuk berobat.

“Suami terdaftar sebagai peserta JKN kelas 3 segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) Kabupaten Sumenep,” terangnya.

Sejak memiliki kartu BPJS Kesehatan, kata Kiki, Kartu KIS sering dipakai untuk berobat baik melalui Fasilitas Kesehatan pertama, RSUD Sumenep dan sampai hari ini menjalani perawatan di RSUD dr. Sutomo Surabaya.

Ditanya wartawan mengenai perjalanan suaminya hingga menjalani perawatan saat sekarang, Kiki menjelaskan sehari sebelumnya, suami (Joko Prinoto) sempat dirawat di RSUD Sumenep karena hasil pemeriksaan dokter menyatakan adanya gangguan pernafasan dan seterusnya.

“Setelah mendapatkan Surat Rujukan dari RS Sumenep ,kami sekeluarga mengantar suami ke RS dr. Sutomo Surabaya. Disini, suami saya masuk melalui pintu UGD kemudian masuk ruang perawatan intensif. Sama halnya dengan rumah sakit yang lain, selalu saya tunjukkan kartu JKN milik suami saya pada saat mendaftar,” urainya.

Setelah itu, suami sempat masuk keruang CT scan, cek laboratorium melalui sempel urine & darah serta MRI.

“Aktifitas seperti ini sudah sering saya lakukan, bahkan sejak bulan April 2020, karena memang suami saya sering menggunakan kartu KIS nya,” imbuhnya.

“Barangkali saya tidak bisa membayangkan, mengenai biaya yang harus saya keluarkan kalau tidak ada BPJS kesehatan. Sangat beruntung menjadi peserta JKN KIS. Selama ini pelayanannya saya nilai baik, dan semuanya gratis mas,” kata Kiki kepada wartawan.

Keinginan besar untuk BPJS kesehatan lanjutnya, kabar tersebut benar adanya atau hanya berita bohong ?. Ia berharap jangan sampai jika pasien peserta BPJS kesehatan aktif saat berobat di rumah sakit dibatasi durasi waktu atau harinya saat rawat inap.

“Pelayanan yang sudah baik ini, mohon terus ditingkatkan.Jangan sampai jika berobat di rumah sakit utamanya didaerah, dibatasi sebelum pasien dinyatakan sembuh oleh dokter yang merawatnya,” tutupnya. (boody)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button