LAMPUNG

Pemkab Lambar Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Alam

LAMPUNG BARAT, BN – Dipusatkan di Lapangan lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Senin pagi 26-04-2021 Pemkab Lambar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar kegiatan simulasi kesiapan siagaan bencana alam.

Kegiatan dimaksud dipimpin langsung Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dan diikuti seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daearah (OPD) di masing-masing Satker.

Dalam sambutannya, Bupati Parosil menjelaskan, Selaku kepala daerah, ia sangat mendukung penuh kegiatan tersebut dan mengucapkan hari kesiapsiagaan bencana tahun 2021 yang rutin dilakukan setiap tahunnya pada 26 April.

“Saya Bupati Lampung Barat sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas digelarnya kegiatan ini. Pada kesempatan ini pun saya mengucapkan selamat hari kesiapsiagaan bencana tahun 2021, siap untuk selamat dari bencana,” tegas Bupati.

Dibagian lain sambutannya, Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta mewujudkan Kabupaten Lambar menjadi Kabupaten Tangguh Bencana yang itu sudah menjadi komitmen di masa kepemimpinannya bersama Wakilnya Drs. Mad Hasnurin.

“Kita wujudkan kabupaten Lampung Barat menjadi Kabupaten Tangguh Bencana, salam tangguh, tangguh, tangguh,”pungkas Parosil.

Kegiatan dimulai serentak pukul 10.00 WIB dengan meliputi Latihan Evakuasi Bencana, Uji Alat Peringatan Dini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, Maidar SH.,MSi menjelaskan Simulasi itu berdasarkan Radiogram Kemendagri Nomor 080/2555/SJ tanggal 21 April 2021, Perihal Partisipasi Latihan Kesiapsiagaan Bencana dan Surat Sekda Nomor 360/425/IV.05/2021, Perihal Partisipasi Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 yang diikuti seluruh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Simulasi tersebut dalam rangka mengajak semua pihak untuk berpartisipasi secara spontanitas pada tanggal 26 April 2021.
Adapun jenis bencana yang disimulasikan yaitu gempa bumi, simulasi dilaksanakan dengan mengikuti jalur evakuasi yang telah tersedia menuju titik aman/ titik kumpul yang telah tersedia di masing-masing kantor, ditandai dengan bunyi sirine,tambah mantan Sekretaris KPUD dan Kadiskominfo Lambar itu.

“Simulasi ditujukan untuk dapat membangun kesadaran dan kewaspadaan bencana di masa pandemi covid-19 bagi seluruh masyarakat,” tutup Maidar.(FIK)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button