JATIM

HIPPA TANI TELADAN DESA PLANCUNGAN, SLAHUNG SELESAIKAN PEMBANGUNAN PROGRAM P3-TGAI

PONOROGO, JATIM, BN – Pembangunan peningkatan jaringan irigasi proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Desa Plancungan, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan aturan serta telah terselesaikan.

Tahun 2021 Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Kecamatan Salhung sendiri, ada tiga desa yang mendapatkan program tersebut. Salah satunya di Desa Plancungan yang mendapatkan kucuran dana dari BBWS Bengawan Solo sebesar Rp 195 juta rupiah.

Sebagaimana diketahui program yang bertujuan untuk sarana dan upaya peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, khususnya petani yang dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Seperti halnya yang di utarakan Kepala Desa Nuri Prasetiyo yang mengatakan, pembangunan saluran irigasi ini bantuan dari pemerintah melalui program P3TGAI.

“Pengerjaan di lokasi Daerah Irigasi Watu Putih tepatnya di Dukuh Brenggolo, yang pemanfaatan nantinya akan mengairi sekitar 30 Hektar, ” katanya saat di temui awak media di kantornya, Selasa (13/7/2021)

“Panjang volume 300 M,dan di realisasikan atau di kembangkan sampai 320 M ,di kerjakan secara swakelola oleh anggota Hippa “Tani Teladan” dan pelaksanaan sesuai gambar, serta juga dalam pembangunan sudah terselesaikan100 %, “Tutur Kepala Desa Plancungankepada media Bidik Nasional

“Saya sangat bangga dan saya berikan apresiasi atas usaha dan kerjasamanya, semoga nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat petani, dan bisa di rasakan manfaatnya dalam mengakses air irigasi dan mengelola lahan tanpa kesulitan dalam hal pengairan,” kata Nuri Prasetiyo,

“Kami Pemerintah Desa dan juga masyarakat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah atas program P3TGAI, masyarakat petani merasa terbantu, dan di harapkan kebutuhan air persawahan tidak ada kendala supaya pengairan bisa lancar dan hasil petani bisa meningkat, ” pungkasnya. (Dhy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button