ACEHSUBULUSSALAM

Pesta Mendegger Uruk Marga Bancin se-Dunia Dihadiri Mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh

SUBULUSSALAM, BIDIKNASIONAL.com – Musyawarah Besar (Mubes) marga Bancin se-Dunia sekaligus acara pesta mendegger uruk sulang silima marga Bancin sedunia digelar dilebuh marga Bancin Binanga Boang, kabupaten pakpak bharat-Sumatera Utara.Terlihat dari marga bancin berkumpul di Tanah kelahiran Leluhur dan asal usul marga mereka di Kabupaten Pakpak Bharat.

Kegiatan yang bertemakan Pepalum Teddoh Mubes Bancin Sedunia itu dimeriahkan oleh Artis-Artis lokal penyanyi marga Bancin yang
di laksanakan pada Hari Jumat dan Sabtu 29-30 Juli 2022 di Desa Kuta Tinggi dan Binangaboang, Kabupaten Pak-Pak Bharat-Sumut.

Dengan agenda Napaktilas menelusuri Sejarah Perjalanan Mpungta Marga Bancin.Seminar dan Pemilihan Pengurus Sulang Silima Marga Bancin, kemudian Pesta dan Pelantikan Pengurus Sulang Silima Marga Bancin terpilih.

Menariknya, Acara Mubes Bancin Sedunia tersebut di hadiri oleh mantan Gubernur Aceh Dr.Ir.H. Abdullah Puteh,Msi yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi Aceh,Bupati Pak-Pak Bharat Franc Bernard Tumanggor, dan seluruh undangan penting marga bancin sedunia.

Athoni Bancin,S.Pd terpilih sebagai ketua sulang silima marga Bancin periode Tahun 2022-2027 dilantik oleh penasehat dan perwakilan masing masing dari silima suak marga bancin. Dalam hal ini suak boang khususnya kota subulussalam diwakili, H.Ismail Aso Bancin dan Denni Bancin.

Untuk diketahui, Mendegger uruk merupakan suatu acara pesta besar dan khusus, yang sudah turun temurun sebagai warisan leluhur terdahulu yang digelar dilebuh atau ditanah asal dari marga mereka, yang merupakan adat dan budaya untuk mengenang para leluhur dan menjalin kembali tali silaturrahmi diantara keturunan marga yang di wariskan orang leluhur terdahulu.

Pesta mendegger uruk marga Bancin sedunia ini sangat antusias dihadiri ribuan orang yang datang,bahjan yang tidak ketinggalan terlihat mantan Gubernur Aceh yang sekarang menjabat anggota DPD – RI, Bapak Dr.Ir.H Abdullah Puteh Bancin yang sudah dinobatkan dua puluh tahun lalu menjadi marga Bancin.

Dipenghujung acara Bupati pakpak Bharat Frans Bernard Tumanggor mengucapkan selamat atas terbentuknya sulang silima marga Bancin

“Jadilah Bancin mendunia dan propesional berkerja dalam bidangnya, saya yakin dan percaya marga Bancin semakin kuat Marga Bancin semakin Hebat,” kata Bupati Pak-Pak Bharat Frand Bernard Tumanggor.

Sementara itu, Dr.Ir.H Abdullah Puteh Bancin Anggota DPD-RI mengatakan sangat merasa senang sudah berbaur dengan marga bancin.

“Saya merasa senang sudah masuk bagian dari keluarga marga Bancin, kemana manapun saya, di dalam negeri ataupun keluar negeri saya selalu mengaku marga Bancin. Saya yakin marga bancin bukan hanya mendunia tapi akan bisa memimpin dunia,” sampai Abdullah Puteh.

Laporan: AGUS DARMINTO

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button