MEDANSUMUT

Dugaan Korupsi Pengadaan Buku Referensi di Dinas Pendidikan Taput Tetap Berproses

Kasi Intel Kejari Taput Mangasitua Simanjuntak, S.H (Foto: Nikson Sinaga)

MEDAN, BIDIKNASIONAL.com – Proses penyelidikan nya tetap berlanjut dan kita jadwalkan permintaan keterangan dari R.S selaku Sekretaris Dinas dan F.S selaku Kabid Dikdas pada saat itu, kata Kasi Intel Kejari Taput Mangasitua Simanjuntak,S.H menjawab wartawan Senin pagi (13/2/2023).

Menurut Kasi intel, pihak nya telah meminta keterangan beberapa pihak termasuk kepala SD dan SMP di Taput dan mendapat keterangan bahwa dari sekira 400 lebih sekolah SD dan SMP, 96 sekolah SD dan SMP melakukan pesanan buku sebanyak 98 paket di mana ada dua sekolah yang memesan dua paket.

Dijelaskan Mangasitua Simanjuntak, penyelidikan oleh intel Kejari Taput itu dilakukan atas pengadaan buku referensi/perpustakaan sumber dana BOS tahun 2022 dengan harga Siplah Rp 2,5 juta perpaket yang terdiri dari 5 jilid.

Memang harga di SIPlah Rp 2,5 juta tapi belum diketahui apakah mark up atau bagaimana.

Selain buku ada juga penjualan foto Presiden dan Wapres serta foto Sukarno yang diduga mark up, penyedianya perusahaan yang sama yaitu PT TAJ, ujar Mangasitua Simanjuntak.

Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Utara, Bontor Hutasoit dikonfirmasi melalui seluler, Senin 13/2/2023, memberikan tanggapan bahwa pengadaan buku BOS dilakukan melalui SIPlah, sekolah belanja sesuai kebutuhan, kepentingan maupun keperluan sekolah.

Pihak penyedia itu banyak dan bila datang ke kantor, maka diterangkan sistem belanja nya dan disarankan langsung datang ke sekolah menawarkan produk nya.

Bontor Hutasoit membantah adanya dugaan intervensi atau pengarahan pembelian kepada pihak tertentu.

Sementara itu, RS selaku sekretaris pada saat itu dikonfirmasi melalui handphone nya belum menjawab tapi seperti menolak panggilan.

Dikonfirmasi melaui pesan WhatsApp, RS yang menurut sumber sedang menjabat salah satu Kabag di Sekwan Tapanuli Utara hingga berita ini dikirim tidak merespon dan terhadap FS selaku Kabid Dikdas Taput belum dilakukan konfirmasi, hingga berita dikirim.

Laporan: Nikson Sinaga

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button