BANYUWANGIJATIM

BPJS Kesehatan Hadiri Giat Temu Inklusi Nasional ke-5 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo

Gerai BPJS Kesehatan dalam Pameran Temu Inklusi Nasional ke 5 yang diselenggarankan pada 31 Juli 2023 sampai dengan 02 Agustus 2023 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Situbondo Jawa Timur (Foto: SDM Komlik)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi turut meramaikan Pameran Temu Inklusi Nasional ke 5 yang diselenggarankan pada 31 Juli 2023 sampai dengan 02 Agustus 2023 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Titus Sri Hardianto mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut dan sebagai salah satu peningkatan mutu layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena selain memperkenalkan Program JKN, ini juga menjadi momentum kita dalam peningkatan mutu layanan yaitu dengan cara memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat dengan cara serentak bersama instansi lainnya di satu tempat yang sama. Apalagi, kegiatan ini skalanya nasional,” ujarnya.

Titus menambahkan bahwa masyarakat Situbondo bisa mengakses layanan adminstrasi melalui tempat yang sudah disediakan. Adapun pelayanannya itu adalah pendaftaran peserta baru, perubahan data, pemberian informasi, dan aktivasi aplikasi Mobile JKN.

“Pelayanan kami sama seperti halnya pelayanan yang diberikan di kantor, ada petugas yang siap melayani dan tentunya masyarakat tidak perlu jauh jauh datang ke Kantor Kabupaten Situbondo untuk mendapatkan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan,” tambah Titus.

Kegiatan ini juga menjadi ajang silatuhrami serta memperkuat sinergi antar instansi agar Program JKN bisa terus berkesinambungan.
“Kami tidak bisa berjalan sendiri, semuanya perlu sinergitas dengan para pemangku kepentingan lainnya dan kegiatan ini menjadi hal yang positif dan program JKN bisa terus berjalan,” kata Titus.

Titus mengungkapkan bahwa dengan adanya transformasi digital, masyarakat tentunya bisa sangat terbantu dan semakin mudah dalam mengakses layanan kesehatan maupun layanan adminstrasi BPJS Kesehatan. Ia juga mengajak kepada peserta JKN agar dapat mengunduh Aplikasi Mobile JKN di ponselnya masing-masing serta memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia.

“ Pelayanan lainnya yang bisa diakses oleh masyarakat yaitu Pelayanan Adminstrasi Melalui Whatapp (Pandawa) di nomor 08118165165 pada senin sampai jumat pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB,” ungkapnya.

Diwaktu yang sama, Arifatus Syadiyah (31) warga kecamatan Banyu Putih Kabupaten Situbondo yang juga terdaftar sebagai Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan adanya pelayanan BPJS Kesehatan di acara ini, apalagi dirinya sangat membutuhkan pelayanan adminstrasi.

“Alhamdulillah, saya sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan ini. Tentunya saya tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan situbondo karena jaraknya sangat jauh sekali dari tempat tinggal saya. Saya disini mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan cepat dari petugasnya, selain baik dan sopan, petugasnya juga menjelaskan secara detail terkait apa yang saya butuhkan,” ucapnya.

Arifa menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan dari panitia penyelenggaranya dan ia langsung datang ke stand BPJS Kesehatan untuk memproses kebutuhannya.

“Kebetulan saya ingin mengubah data anak saya dan setelah itu saya disarankan untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN di ponsel. Tidak butuh waktu lama, kepesertaan saya akhirnya bisa dipantau melalui ponsel saya dan semuanya sudah lengkap mulai dari perubahan data, ganti fasilitas kesehatan dan yang paling saya suka itu adalah fitur KIS Digital. Fitur ini menjadi sangat penting karena cukup dengan menunjukannya ketika di fasilitas kesehatan, maka kita bisa langsung dilayani,” jelasnya.

Diakhir, Arifa mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah memberikan pelayanan yang terbaik untuk dirinya. “Semoga BPJS Kesehatan bisa semakin baik dan selalu hadir untuk masyarakat,” tutupnya.

Laporan: Red

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button