JATIMMAGETAN

Start Pawai Budaya se-Kecamatan Ngariboyo di Desa Baleasri

Pelepasan peserta Karnaval pawai budaya yang diselenggarakan oleh Kecamatan Ngariboyo (Foto: ist)

MAGETAN, BIDIKNASIONAL.com – Mengenang para pejuang merebut kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang usianya 78 Tahun dan melestarikan adat budaya, Sabtu (19/8) 12 desa termasuk desa Baleasri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan tumpah ruah di halaman desa Baleasri dalam pawai budaya .

Aneka tampilan dan corak serta tema yang ditampilkan masing-masing peserta desa dengan yel-yel nya menarik pengunjung sepanjang jalan dari halaman desa hingga halaman kantor Kecamatan kurang lebih 7 kilometer panjang nya .

Nanik Wakil Bupati Magetan sebelum melepas para karnaval untuk berjalan menyampaikan, Karnaval pawai budaya yang diselenggarakan oleh Kecamatan Ngariboyo yang diikuti 12 desa.

“Atas nama pemerintahan Kabupaten Magetan memberikan apreasiasi yang besar atas terselenggaranya pawai budaya Tahun 2023 ini, karena sebelum nya dimana masa Covid-19 tidak bisa mengadakan apa-apa dan Alhamdulillah sekarang ini sudah Endemi, maka acara ini bisa terselenggara,” kata Nanik Wakil Bupati .

Seusai melepas peserta nomor 1 dari kantor kecamatan Ngariboyo, satu persatu para peserta berdasarkan nomer urut dengan selisih waktu 5-10 menit dan kebetulan peserta tuan rumah tim pawai budaya desa Baleasri dapat nomer urut 15 .

Para UMKM khusus nya yang berada di sekitar kantor desa Baleasri selain mendapat hiburan, juga dagangan terjual sehingga bisa menambah penghasil dari investigasi Bidiknasional .

Juremi Kepala desa Baleasri mengutarakan, walaupun dapat nomer urut terakhir tim pawai budaya nya merasa senang dan gembira karena semua sudah berjalan sesuai dengan program dan apa lagi melihat para pedagang terjual dagangan nya .

“Soal dapat nomer apa tidak tim pawai budaya nya, itu tidak masalah, yang penting sekali lagi acara ini terselenggara dengan lancar dan masyarakat pun senang dapat hiburan yang mana tahun-tahun sebelum nya tidak ada acara seperti pawai kali ini, sehingga antusias masyarakat Ngariboyo tumpah ruah di sepanjang jalan dari start halaman Kantor desa Baleasri hingga finish di halaman Kantor Kecamatan Ngariboyo,” tutur Juremi pula. (Adv)

Laporan: Ashar

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button