BANYUWANGIJATIM

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno: PPDB Tahun Ini Berjalan Tertib dan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno, SPd, M.M.(Foto: @dj)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Pelaksanaan PPDB tahun 2023 ini (Penerimaan Peserta Didik Baru) sudah selesai. Adapun PPDB bertujuan layanan bagi anak usia sekolah/ lulusan untuk memasuki satuan pendidikan yang lebih tinggi secara tertib, terarah dan berkualitas. Sistem layanan online yang disediakan dalam rangka memudahkan proses pendaftaran masuk sekolah bagi peserta didik baru.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno, SPd, M.M menerangkan kepada bidiknasional.com, Dinas Pendidikan ada 4 (empat) bidang yaitu; bidang PAUD, bidang SD, bidang SMP dan bidang Pendidikan masyarakat/ Dikmas. ” Untuk pelaksanaan PPDB di bulan Juli kemarin dan di bulan September 2023 ini sudah selesai, berjalan tertib dan lancar,” terangnya (6/9/2023).

Suratno menambahkan, pelaksaannya PPDB dengan beberapa jalur program pendidikan di Pemkab. Banyuwangi mengatur untuk jenjang PAUD, SD dan SMP, pelaksanaan PPDB merujuk dari Kemendikbud RI, utamanya jalur zonasi, jalur afirmasi yaitu dikarenakan ekonomi keberpihakan untuk masyarakat yang perlu diperhatikan keluarga yang tidak mampu, dan afirmasi selanjutnya karena disabilitas kebutuhan khusus, selanjut jalur prestasi mulai akademik maupun non akademik. Sedangkan masing-masing sekolah sudah ditetapkan pagunya untuk seleksi pendaftaran penerimaan anak didik, untuk SMP 28 per kelas dan SMP 32 per kelas, sedangkan SMA kewenangan dari Pemprov. Jatim.

Disampaikan, hal ini momentum untuk melaksanakan program Garda Ampuh (gerakan daerah anak muda pengentasan rentan putus sekolah), dan PPDB sudah selesai, namun jika ada ditemukan anak-anak masih belum sekolah, maka anak-anak tersebut akan difasilitas dan didaftarkan untuk sekolah dan program Dinas Pendidikan bersama Korwil Sekolah mengutamakan anak-anak usia muda untuk sekolah, ‘Merdeka Belajar’ untuk Kepala sekolah harus melayani anak-anak sebagai Generasi muda dalam menempuh ilmu pendidikan demi masa depannya.

Dirinya berharap, masyarakat Banyuwangi tanpa kecuali yang belum punya ijasah SD, SMP, SMA, atau Sekolah kejar paket C, mulai usia dewasa, usia tua, dapat sekolah lagi untuk mencari ilmu pendidikan dan akan meningkatkan derajat hidup.

“Dinas Pendidikan siap menfasilitasi dan melayani masyarakat Banyuwangi,” pungkasnya. (**)

Laporan: @dji

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button