PASAMANSUMBAR

Dinas Kesehatan Pasaman Gelar Pertemuan Diseminasi Lintas Program Lintas Sektor Publikasi Data Stunting

Foto Bersama Dalam Acara Pertemuan Diseminasi Dan Asistensi Kegiatan PMT Lokal Kap-Pasaman (2/11/2023)/ dok: Refdinal BN.com

PASAMAN, BIDIKNASIONAL.com – Dinas kesehatan kabupaten Pasaman Sumatera Barat mengadakan acara pertemuan diseminasi lintas program lintas sektor publikasi data stunting dan Asistensi Kegiatan PMT Lokal Kabupaten Pasaman Tahun 2023 di aula Emir Hotel Lubuk Sikaping, Kamis 2 november 2023.

Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dalam paparan nya menekan kan penting nya komitmen yang kuat oleh semua kalangan untuk mempercepat penurunan stanting dikabupaten Pasaman.

“Saya memperhatikan betul masalah stunting ini, kita perlu komitmen yang kuat oleh semua sektor dalam upaya penurunan masalah stanting di Kabupaten Pasaman ini. Lebih lanjut dia juga menyinggung jika angka stunting di Kabupaten Pasaman masih diatas rata rata Provinsi dan Kabupaten di Indonesia.

Selanjut nya Kepala dinas kesehatan kabupaten pasaman Arma Putera SKM dalam sambutan nya menyampaikan beberapa upaya yang mesti dilakukan dalam percepatan pencegahan stunting dikabupaten pasaman.

“Upaya percepatan pencegahan stunting akan lebih efektif apabila intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif dilakukan secara konvergen,” ungkap Arma Putera.

Lebih lanjut dia menjelaskan “Konvergensi penyampaian layanan membutuhkan keterpaduan proses perencanaan, penganggaran, dan pemantauan program/kegiatan pemerintah secara lintas sektor dan lintas program untuk memastikan tersedianya setiap layanan intervensi gizi spesifik kepada keluarga sasaran prioritas dan intervensi gizi sensitif untuk semua kelompok masyarakat.

Menurut Arma Putera Untuk titik tolak pelaksanaan intervensi stunting diperlukan pengukuran dan publikasi data stunting yang merupakan upaya pemerintah daerah untuk memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan Puskesmas, Kecamatan dan Nagari.

“Salah satu intervensi percepatan penurunan stunting yang saat ini sedang dilaksanakan disetiap wilayah kerja Puskesmas menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman adalah pemberian makanan tambahan berbasis pangan lokal untuk balita gizi kurang dan ibu hamil yang mengalami kurang energi kronis,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan itu, diantara nya Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, Kepala Kantor Kementerian Agama Lubuk Sikaping, OPD terkait, Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman, Direktur Rumah Sakit Se-Kabupaten Pasaman, Camat se-Kabupaten Pasaman, Wali Nagari Lokus Stunting Kabupaten Pasaman, Ketua Baznas, TAPM Kabupaten Pasaman-PIC Stunting, Satgas Stunting Kabupaten Pasaman, Ketua Organisasi Profesi IDI, IBI, PERSAGI dan HAKLI

Terpisah, Ida Trisna kepala bidang kesehatan masyarakat mengatakan,” tujuan didakannya kegiatan ini adalah untuk menginformasikan terkait Data status gizi balita di Kabupaten Pasaman beserta faktor determinannya, dengan menghadirkan nara sumber dalam agenda acara tersebut Direktorat Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman” tutup Ida Trisna, kepala bidang kesehatan masyarakat, Dinkes Kabupaten Pasaman.

Laporan: Refdinal

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button