NIAS BARATSUMUT

PRA MUSRENBANG PROVINSI SUMATERA UTARA ZONA KEPULAUAN NIAS

NIAS BARAT, BIDIKNASIONAL.com – Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat, Sabahati Gulo, S.Sos., MM., mewakili Bupati Nias Barat menghadiri acara pembukaan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025 yang dilaksanakan di Auditorium STT Sunderman Kota Gunungsitoli, Rabu (24/1/2024).

Pelaksanaan Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara untuk Zona Kepulauan Nias ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Hassanudin menyampaikan bahwa pada tahun 2025 mendatang telah diteyapkan empat program prioritas pembangunan daerah Sumut, yakni kualitas sumber daya manusia dan sosial, pertumbuhan ekonomi, infrastruktur, dan tata kelola pemerintah.

Terhadap Kepulauan Nias yang masih tergolong Daerah Tertinggal, Pj. Gubernur Sumatera Utara mengatakan diperlukan masukan yang konstruktif dan berbasis parsial, dengan memperhatikan daya dukung dan keberlanjutan, yang disesuaikan dengan kewenangan yang diatur dalam undang-undang.

Disampaikan juga, kelemahan perencanaan selama ini yakni belum mampu mengintegrasikan dengan baik program-program pembangunan daerah secara holistik dalam suatu perencanaan yang terintegrasi. Karena itu, saatnya semua pihak harus meninggalkan ego sektoral dengan ego kewilayahan.

“Forum pra Musrenbang ini menjadi penting, bagaimana kita menyatukan seluruh perencanaan daerah agar terbangun integritas antara perencanaan Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota,” katanya.

Ia mengatakan bahwa ada beberapa potensi yang harus dikembangkan di Kepulauan Nias, yakni Potensi Perikanan dan Pariwisata bertaraf Internasional.

Kepala Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si melaporkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk untuk melaksanakan azas perencanaan pembangunan yang berorientasi pada proses dengan menggunakan pendekatan Top Down dan menjadi stimulus bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi setiap daerah.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menyerap usulan program kegiatan yang menjadi kewenangan Provinsi Sumatera Utara serta usulan Pemerintah Kabupaten dan Kota yang memerlukan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan sinkronisasi program kegiatan Kabupaten Kota dengan perencanaan pembangunan tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Acara Pembukaan Pra Musrenbang Zona Kepulauan Nias ini dihadiri Sekda Provinsi Sumatera Utara, Wakil Walikota Gunungsitoli, Bupati Nias, Bupati Nias Utara, Bupati Nias Selatan, Bupati Nias Barat yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Dandim 0213 Nias, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias, Kepala Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Kepala Perangkat Daerah se-Kepulauan Nias.

Laporan: Odal zai

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button