JABARPANGANDARAN

SMKN 1 KALIPUCANG KUNJUNGAN INDUSTRI KE YOGYAKARTA

PANGANDARAN, BIDIKNASIONAL.com -Kepala SMK Negeri 1 Kalipucang Kabupaten Pangandaran, Tina Nurhayati mengatakan bahwa SMKN 1 Kalipucang setiap tahun selalu mengadakan kunjungan industri. Dan semua SMK pasti mengadakan kunjungan industri yang bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan peserta didik terkait Dunia Kerja/Dunia Industri. Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh kelas XI sebanyak 147 orang peserta didik.

Menurut keterangan dari salah seorang staf humas SMKN 1 Kalipucang, Heri Purwanto mengatakan bahwa SMKN 1 Kalipucang mempunyai tiga kompetensi keahlian yaitu DKV, Kuliner dan DPIB. Ketiganya mengikuti kegiatan kunjungan industri, namun karena jurusannya berbeda, sehingga tujuannya pun berbeda.

Untuk jurusan DKV melakukan kunjungan ke Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Selain study kampus, peserta didik juga mendapatkan pelatihan fotografi dan videografi.

Untuk jurusan Kuliner melakukan kunjungan ke Hotel Grand Dafam Signature Yogyakarta. Di sana peserta didik mendapatkan pelatihan table manner, cooking dan housekeeping. Selain itu juga diajak berkeliling hotel atau room tour, untuk mengenal fasilitas hotel dan tipe-tipe ruangan/kamar. Dan untuk jurusan DPIB melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Selain studi kampus, peserta didik juga mendapatkan pelatihan tentang Building Information Modeling (BIM). Dengan demikian setiap jurusan akan mendapatkan materi/pelatihan yang sesuai dengan kompetensinya.

Lebih jauh, Tina Nurhayati, mengatakan bahwa tujuan kegiatan Kunjungan Industri yaitu untuk memberikan pemahaman tentang keadaan Dunia Industri yang sebenarnya, sehingga peserta didik dapat mengidentifikasi dan menganalisis kesesuaian dengan standar kompetensi yang diberikan di sekolah, serta membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya.

Laporan: ASEP SUJANA

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button