KALTENGMURUNG RAYA

Pemkab Mura Laksanakan E-Kinerja Untuk PNS Dipimpin Asisten III Setda Mura

Batara, saat memimpin rapat evaluasi pelaksanaan E-Kinerja di Aula A Kantor Bupati Mura, Senin (25/Maret/2024)/ dok.foto: Efn BN.com

MURUNG RAYA, BIDIKNASIONAL.com – Asisten III Bidang Administrasi Umum di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Murung Raya (Mura), Batara, memimpin rapat evaluasi pelaksanaan E-Kinerja. Pertemuan tersebut berlangsung di Aula A Kantor Bupati Mura, Senin (25/Maret/2024).

Turut hadir dalam rapat ini Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mura, Eberson, dan beberapa pejabat terkait lainnya.

Asisten III Setda Kabupaten Mura, Batara, menjelaskan bahwa Sistem E-Kinerja merupakan aplikasi berbasis web atau desktop yang digunakan untuk mencatat kinerja pegawai negeri sipil (PNS).

“Tujuan utama dari E-Kinerja adalah untuk memudahkan dan mempercepat proses perhitungan pemberian Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) atau Tunjangan Kinerja (TUKIN) ASN dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa fasilitas dari Sistem E-Kinerja Kabupaten Murung Raya meliputi pengelolaan data pegawai TPP dan non-TPP, data absensi pegawai, laporan kinerja pegawai, dan manajemen pengguna.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Mura, Eberson, menjelaskan bahwa penerapan sistem presensi elektronik telah dimulai sejak Oktober 2023. Namun, masih terdapat kendala teknis yang dihadapi oleh beberapa Perangkat Daerah.

“Beberapa kendala teknis yang dihadapi antara lain jarak yang jauh, kurangnya akses listrik yang stabil, dan tidak adanya akses internet di beberapa lokasi. Hal ini mengakibatkan proses pemeriksaan pada mesin presensi menjadi lebih lama dari biasanya,” jelas Eberson.

Dia juga menambahkan bahwa salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketidakstabilan akses internet adalah dengan membawa mesin absensi ke lokasi yang memiliki akses internet terdekat.

Rapat evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang ada dalam pelaksanaan Sistem E-Kinerja dan mencari solusi yang tepat guna meningkatkan efisiensi serta akurasi dalam penilaian kinerja pegawai.

Laporan: Efn

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button