BOLAANG MONGONDOWSULUT

Wisata Ramadhan Desa Otam Barat Menarik Perhatian Warga

BOLMONG, BIDIKNASIONAL.com – Wisata Ramadhan desa Otam Barat kecamatan Passi barat Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara ramai dikunjungi oleh warga kota kotamobagu, warga Bolmong bahkan berbagai daerah.

Kepala Desa Otam barat Impa Ginoga ketika ditemui di kediamannya menyatakan, bahwasanya Wisata Ramadhan di desa Otam barat setiap tahunya menjelang ramadhan terus di laksanakan, gagasan ini lahir dari kesatuan pemuda milineal dan unsur masyarakat desa Otam barat.

” Sejak saya dilantik menjabat Sangadi desa Otam barat pada tahun 2019, wisata Ramadhan ini sudah direncanakan dan alhasil baru terlaksana pada tahun 2020, atas dasar inisiatif dari kalangan pemuda milineal desa Otam barat. Awalnya lampu jaman dulu yang di modernisasi dan menandakan dari alam kegelapan menuju alam terang benderang. Selain itu ada kegiatan gendang sahur untuk mengajak masyarakat muslim melaksanakan sahur,” ungkapnya.

Lanjut Impa, wisata Ramadhan ini setiap menjelang ramadhan terus dilakukan. Pada tahun 2021 dibuat bermacam macam spot dan memiliki makna tersendiri hingga tahun 2022 di buat spot lampion untuk menerangi kegelapan, masuk pada tahun 2023 dibuat spot menara yang melambangkan tempat wisata yang ada di penghujung desa kecamatan Passi barat.

Tahun 2024 ini, ada beberapa spot yakni spot bulan bintang menara Monas yang menandakan sudah merdeka, perahu nabi nuh itu di buat tentunya ada maknanya dan kur’an jumbo semuanya penuh makna.

Lebih jauh disebutkan, dibuatnya wisata Ramadhan setiap tahunya di desa Otam barat tujuanya untuk mempersatukan umat. Karena di desa Otam barat meskipun mayoritas muslim, namun ada juga saudara kita yang Nasrani. Semua ini terlaksana atas inisiatif inovatif dan kreatif pemuda milineal desa Otam barat,” tutup Impa.

Laporan: Arm

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button