PASAMANSUMBAR

Kabupaten Pasaman Kembali Peroleh Penghargaan WTP Dari BPK

PASAMAN, BIDIKNASIONAL.com – Kabupaten Pasaman kembali memperoleh Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (BPK) untuk ke sebelas kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Penghargaan WTP atas Prestasi pengelolaan keuangan yang ke sebelas tersebut diterima Bupati Pasaman Sabar AS dari Agus Arif, Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar di kantor perwakilan BPK RI Sumatera Barat,(17/5/2024).

Dalam kesempatan itu Sabar AS menyampaikan bahwa predikat opini WTP yang diraih pemerintah Daerah merupakan bentuk pertanggung jawaban atas pengelolaan keuangan negara.

Menurut Sabar AS, keberhasilan Pasaman mempertahankan Opini WTP untuk ke 11 kali nya secara berturut turut sejak 2013 hingga 2024 ini adalah berkat kerja keras semua pihak di Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman.

“Untuk mempertahankan capaian opini WTP dari BPK bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan konsistensi, kebersamaan, tata kelola keuangan yang baik, serta kesungguhan untuk mengikuti aturan-aturan yang berlaku,” lanjut Sabar AS.

Kemudian Arif Agus kepala perwakilan BPK Sumatera Barat dalam sambutan nya memaparkan tentang pola penilaian keuangan daerah dan laporan hasil Pemeriksaan LKPD kepada DPRD dan Bupati.

“Pola pemeriksaan mengacu pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, serta kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkap Arif Agus.

“Dan pada hari ini kami sampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKPD kepada DPRD dan Bupati, untuk selanjutnya diajukan sebagai rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban APBD, sebagaimana diatur dalam ayat (1) pasal 31 UU Nomor 17 Tahun 2003,” ungkap Arif Agus.

Lebih panjut dia memaparkan, Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pasaman, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah tersebut, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tersebut.

Terpisah, Yasri Wakil ketua II DPRD Pasaman sangat mengapresiasi atas prestasi kinerja Pemda Pasaman dibawah kepemimpinan Bupati Pasaman Sabar AS.

Hal senanda juga di sampaikan Amdarisman Inspektur Kabupaten Pasaman,
“Pasaman kembali menerima WTP dan ini yang kesebelas kalinya, luar biasa, semoga kinerja Pemda Pasaman kedepan lebih baik dan masyarakat makin sejahtera. Hal ini bukti kesolitan dan kerja sama semua pihak, lembaga, OPD dan terimakasih atas kerjasama semua elemen yang ada,” tutupnya.

Laporan: Rf

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button