LAMPUNGLAMPUNG BARAT

MOMEN IDUL ADHA, JAMA’ AH MASJID JAMI BABUSSALAM HANAKAU DISTRIBUSIKAN 450 PAKET DAGING HEWAN QURBAN

Ketua Dewan Pengurus Masjid Jami’ Babussalam Hanakau, M.Taufik Ali bersama H. Saripudin dan panitia lainnya (Foto: ist)

Sebagian panitia sedang mengurus hewan Qurban di pelataran Masjid Jami’ Babussalam Hanakau, Senin 17-6-2024 (Foto: ist)

LAMPUNG BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Di momen Hari Raya Idul Adha 1445 hijriyah tahun 2024 masehi, Ketua Dewan Pengurus Masjid Jami’ Babussalam Pekon (Desa) Hanakau Kecamatan Sukau Lampung Barat, M. Taufik Ali mengajak seluruh masyarakat khususnya yang ada di Pekon Hanakau meneladani akhlak dan perilaku Nabiyulloh Ibrohim dan Nabiyulloh Ismail Alaihi Salam.

“Atas nama pribadi maupun sebagai Ketua Dewan Pengurus Masjid Jami’ Babussalam, saya mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan momen hari raya qurban untuk meneladani akhlak dan perilaku Nabiyulloh Ibrohim dan Nabiyulloh Ismail Alaihi Salam dalam berqurban demi mewujudkan Hanakau yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Hal itu disampaikan Bang Tofik, sapaan akrabnya saat melaksanakan rangkaian ibadah sholat Idul Adha yang dipusatkan di Masjid Jami’ Babussalam Pekon Hanakau pada Senin 17/6/ 2024 pagi.

Bang Tofik menjelaskan dan berharap melalui penyerahan hewan Qurban itu ummat Islam dapat memaknai arti dan hakekat dari keikhlasan itu sendiri.

” Kita berharap melalui penyerahan hewan Qurban ini ummat Islam dapat memaknai arti dan hakekat dari keikhlasan itu sendiri”, harap Bang Taufik.

Ibadah Qurban merupakan bentuk solidaritas sosial yang kuat terhadap sesama umat manusia. “Sebab, saat seseorang melaksanakan Qurban, mereka tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi, tetapi juga berbagi dengan sesama, lanjutnya.

Hewan qurban yang disembelih akan dibagikan pada yang membutuhkan, termasuk fakir miskin, anak yatim, dan orang-orang yang terpinggirkan dalam masyarakat.

Melalui tindakan ini, ibadah qurban memperkuat ikatan sosial antara sesama manusia dan membantu mengurangi kesenjangan sosial .

“Hal ini mengingatkan kita untuk tidak egois dan memperhatikan kebutuhan orang lain di sekitar kita, sehingga mampu menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan adil,”
tutup Bang Taufik.

Dalam momentum hari raya idul Adha itu Jama’ah Masjid Jami’ Babussalam juga mendistribusikan daging hewan Qurban pada 450 Mustahik dhuafa yang tersebar di Pemangku (Dusun) Hanakau 1 dan 2 serta sebagian Mustahik dhuafa yang ada di Pemangku tetangga yakni Pemangku Sumbersari dan Parda Suka Makmur.

Pada Hari Raya Idul Adha tahun 1445 H ini pengurus Masjid Jami’ Babussalam menerima penyererahan hewan Qurban berupa 2 (dua) ekor sapi dengan bobot kurang lebih 300 kg berupa daging serta 11 ekor kambing. Serah terima hewan qurban tersebut dilakukan secara simbolis antara jama’ah yang berqurban yang diwakili antara lain, H. Saripudin Yursan, Adam, Misroni, Karyo Utomo, Mahmudin dan Hadi dengan ketua Pengurus Masjid, M.Taufik yang didampingi Ustad Abdul Kholiq dan Ketua Panitia pelaksana Qurban, Agusnik usai kegiatan Do’a bersama di pelataran Masjid Jami’ Babussalam,Senin 17- 6-2024.

Pada kesempatan yang sama, Haji Saripudin mewakili rekan – rekannya yang lain berharap hewan qurban yang diserahkan tersebut dapat bermanfaat bagi penerimanya.

Sementara Ustadz Abdul Kholiq dalam momentum serah terima hewan Qurban itu mengajak jama’ah untuk menjadikan momentum sejarah Nabi Alloh Ibrohim Alaihisalam dimasa lampau untuk dijadikan pijakan dalam membangun kesadaran ummat Islam tentang pentingnya nilai-nilai yang terkandung didalam makna Qurban itu di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu, mari kita jadikan momentum sejarah Nabiyulloh Ibrohim di masa lampau, untuk berpijak membangun kesadaran tentang pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam Qurban diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari guna menjadikan Hanakau yang lebih baik dan maju saat ini dan di masa yang akan datang,” ajaknya.

Laporan: Red

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button