JATIMSIDOARJO

Pembangunannya Capai 90 Persen, Desa Rangkah Kidul Bakal Resmikan Gedung Serbaguna Baru

Kepala Desa Rangkah Kidul, H. Warlheiyono, saat ditemui di kantornya, Rabu, (26/6/2024). (Foto: Teddy Syah Roni/Bidiknasional.com)

SIDOARJO, BIDIKNASIONAL.com – Warga desa Rangkah Kidul kecamatan Kota, Sidoarjo bakal memiliki gedung serbaguna seluas 800 meter persegi. Gedung yang dibangun senilai Rp.3 miliar itu, rencananya akan diresmikan pada 5 Juli 2024 mendatang, peresmian itu dimeriahkan dengan seni wayang kulit dari Dikbud Kab. Sidoarjo.

Kepala Desa Rangkah Kidul, H. Warlheiyono mengungkapkan keberadaan gedung serbaguna untuk warga desa Rangkah Kidul memang sudah diimpikan sejak lama. Namun pembangunan gedung serbaguna bisa direalisasikan tahun ini.

“Sebenarnya pembangunan ini sudah dimulai sejak tahun lalu. Alhamdulillah tahun ini bisa direalisasikan. Semoga keberadaan gedung ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas H. Warlheiyono, Rabu, (26/6/2024).

Rencananya, gedung serbaguna bakal diresmikan pada 5 Juli 2024 mendatang. Pihaknya mengaku telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Sidoarjo dalam peresmian gedung tersebut.

“Kami sudah bekerjasama dengan Dikbud Sidoarjo. Insya Allah nanti Plt Bupati, Ketua dan Anggota DPRD dan penjabat lainnya bakal diundang langsung untuk memeriahkan peresmian tersebut,” tambahnya.

Gedung serbaguna itu, dibangun diatas lahan seluas 800 meter persegi. Sejatinya, gedung serbaguna dibangun dengan konsep yang sederhana alias pada umumnya. Hanya saja di lantai atas akan dilengkapi dengan balkon. Sehingga membuat nyaman para pengunjung yang menggunakan fasilitas tersebut.

“Sampai saat ini pembangunan sudah capai 90 persen. Tinggal beberapa pintu dan pemasangan keramik (masih berlangsung),” terangnya.

Gedung serbaguna Desa Rangkah Kidul, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam pembangunan gedung serbaguna tersebut, pihak desa mendapat kompensasi dari hasil tukar guling tanah TKD dengan salah satu perusahaan yang terletak di kawasan Desa Rangkah Kidul. Kompensasi itu, selanjutnya digunakan untuk pembangunan gedung serbaguna serta perluasan masjid.

“Untuk pembangunan gedung serbaguna anggarannya Rp.3 miliar, sedangkan perluasan masjid sekitar Rp.2 miliar,” ujarnya.

Nantinya gedung serbaguna tersebut diperuntukkan kebutuhan atau hajat warga. Baik futsal, voli, maupun hajatan nikah warga. Namun untuk warga lain, pihak desa menerapkan sistem sewa. Sehingga anggaran yang masuk tersebut dapat meningkatkan pendapatan desa.

“Insya Allah nantinya gedung ini akan dikelola oleh BUMDes. Kami terbuka siapapun yang akan menggunakan gedung ini. Tapi untuk warga diluar desa Rangkah Kidul tetap ada sewa agar dapat meningkatan pendapatan desa,” tandasnya. (Ted)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button