KALTENGMURUNG RAYA

Dewan Mura Ajak Lestarikan Seni Tari Daerah

Anggota DPRD kabupaten Murung Raya, Rumiadi, SE, SH, MH. (Foto: efn BN.com)

MURUNG RAYA, BIDIKNASIONAL.com – Anggota DPRD kabupaten Murung Raya, Rumiadi, S.E.,S.H.M.H, mendorong semua pihak agar aktif dalam melestarikan budaya yang keberagaman di Murung Raya. Salah satu langkahnya, dengan memelihara dan melestarikan kesenian tari daerah.

Menurut Rumiadi, memelihara kelestarian seni tari berperan penting guna mempertahankan identitas budaya lokal. “Seperti tari -tarian tradisional merupakan bagian dari kekayaan budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan, ” Kata Rumiadi, Jum’at 28-Juni-2024.

Selain sebagai bentuk seni kata dia, tarian ini juga memiliki peran penting dalam memperkuat identitas bangsa dan membangun hubungan sosial di antara generasi yang berbeda di daerah ini.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda untuk berperan aktif dalam melestarikan seni tari daerah.

“Seni tari daerah merupakan warisan yang kaya akan nilai-nilai historis, estetika, dan filosofi yang mencerminkan identitas dan jati diri suatu komunitas,” ujar Rumiadi. 

Ia menerangkan, keterlibatan dalam melestarikan seni tari dapat diwujudkan melalui berbagai cara, seperti berpartisipasi dalam kelompok tari, mengikuti pelatihan, menghadiri pertunjukan, dan mempromosikan seni tari melalui media sosial.

Upaya ini tidak hanya menjaga seni tari tetap hidup dan relevan, tetapi juga dapat memperkenalkan keindahan budaya lokal kepada dunia luar, menarik minat wisatawan dan peneliti budaya.

“Kita perlu terus mengedukasi generasi muda tentang pentingnya seni tari daerah dan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, mereka akan lebih menghargai dan menjaga warisan budaya kita agar tetap lestari dan berkembang,” ujarnya lagi.

Legislator PDI Perjuangan ini mengajak Pemerintah Daerah untuk terus mendukung inovasi-inovasi pelestarian budaya. Misalnya, memberikan dukungan dan ruang bagi sanggar seni daerah untuk menampilkan tarian tradisional dalam berbagai acara, baik kegiatan pemerintahan, pariwisata, maupun agenda lainnya.

Kabupaten Murung Raya, memiliki kekayaan budaya yang menarik dan beragam. Sehingga, menjadi tantangan bagi para pelaku seni tari daerah untuk memperkenalkannya lebih luas, sekaligus juga mempromosikan sektor pariwisata karena seni budaya dan pariwisata memiliki keterkaitan erat.

“Ini bukan hanya tentang melestarikan identitas budaya saja, namun juga bisa membuka peluang guna mengembangkan pariwisata budaya yang berkelanjutan di Kabupaten Murung Raya,” Pungkasnya.

Laporan: Efn

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button