PINRANGSULSEL

Laskar Merah Putih (LMP) Kabupatèn Pinrang Desak Pemerintah Lakukan Mutasi

PINRANG, BIDIKNASIONAL.com – Terkait netralitas ASN jelang Pilkada Pinrang 27 November 2024 mendatang. Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Pinrang menyebut mengapa Pj.Bupati harus melakukan mutasi.

Dihadapan wartawan kamis, (4/7/2024). Dr. H.Sulthani menyebut, Pentingnya PJ Bupati Pinrang memutasi. Karena:

1. Banyaknya dugaan pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh oknum – oknum ASN seperti camat Paleteang yang mengaku meneruskan Chat Perekrutan Tim Bupati.

“Meneruskan atau tidak, itu berarti pak camat sudah turut membantu calon tersebut”

2. Sejumlah kepala UPT/korwil yang datang bertemu dengan ketua partai.

“Puluhan kepala sekolah/korwil yang disuruh hadir dan menemui ketua partai. Itu kan ada yang arahkan. Sebagai bawahan otomatis ia harus loyal karena takut di pindahkan ke sekolah lain oleh Kabid atau pak kadis”

3. Dugaan banyaknya honorer dan sejumlah staf dari dinas instansi pemerintah yang disuruh mengumpulkan data KK.

” Saat ini kan sejumlah staf sampai tenaga honorer dari sejumlah dinas diberbagai leading sektor disuruh mengumpulkan data KK. Itu kan bukan tugas dan tupoksinya. Dan beberapa berita viral lainnya yang memuat dugaan pelanggaran netralitas ASN”.

Menurut H.Sulthani tugas utama PJ Bupati adalah mensukseskan Pilkada 2024-2029 dan sarat suksesnya pilkada apa Bilah ASN tidak berpolitik praktis mendukung dan menkampanyekan sala satu calon sesuai PP.No.42 tahun 2004 dan PP.No.94 tahun 2021 Tentang larangan ASN untuk mendukung dan menkampanyekan salah satu calon.

“ASN harus netral Krn kapan tidak netral mengganggu pelayanan publik dgn sendirinya menghambat proses pemerintahan dan tugas pokok PJ bagaimana mengawal Pilkada dgn memberi tindakan tegas bagi ASN yg berpolitik dgn melakukan mutasi ini harus dibuktikan sesuai janji PJ.ut sukseskan Pilkada yg bisa jalan dgn Kondusip,aman tertib bila ASN Netral dan ASN bisa netral klu ada tindakan tegas dari PJ Bupati selaku penanggung jawab pegawai di Pinrang”. Tuturnya.

Sebelumnya Pj.Bupati Pinrang Ahmadi Akil dalam beberapa audiens termasuk konferensi pers tidak hanya menyampaikan secara langsung, bahkan juga melalui surat edaran terkait Netralitas ASN sebagai organisasi birokrasi yang tidak boleh terlibat politik praktis.

” Mutasi itu, tergantung kondisi. Saya ini birokrasi murni yang memiliki pemahaman dengan ASN, Saya juga punya perasaan. Untuk itu, Saya minta semua ASN dan birokrasi yang ada di Pemkab Pinrang agar fokus dan bekerja sesuai tupoksinya saja dan jangan mengurus politik. Bagaimana bisa pemerintahan berjalan baik, jika bawahan tidak mendukung, loyal dan patuh pada atasan. Ini kan menjadi catatan khusus bagi saya pribadi”. Tegas Ahmadi Akil.

Laporan: Sabir/Rilis

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button