JATIMJOMBANG

Koordinasi Program Perluasan Areal Tanam (PAT) di Dinas Pertanian Jombang

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Koordinasi Progam terkait Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 265/KPTS/OT.50/M/06/2024 tentang Satuan Tugas Antisipasi Darurat Pangan ( 14-6-2024) di , Kabupaten Jombang memiliki potensi lahan sawah tadah hujan seluas 5.229 hektar yang dapat dipompanisasi dalam program Perluasan Areal Tanam (PAT). Menyikapi hal tersebut, beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan kegiatan koordinasi di Dinas Pertanian Jombang.

Pada Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Ir. Much. Rony, MM, beserta jajaran; Korwil BSIP Jawa Timur untuk Kabupaten Jombang, Abu Bakar, S.Pt, MM; Kepala BSIP TAS, Dr. Andy Wijanarko, SP., M.Si, beserta jajaran; Kodim 0814 Jombang; serta mahasiswa dari Politeknik Pembangunan Pertanian Malang. Koordinasi kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait dengan program PAT.

Di dalam acara rapat kordinasi tersebut beberapa hal yang disampaikan bahwa hingga saat ini, program irigasi perpompaan (Irpom) di Kabupaten Jombang sudah dalam tahap pemberkasan ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Jawa Timur dengan total 12 unit. Selain itu, Kabupaten Jombang juga memiliki brigade alsintan sebanyak 60 unit, yang terbagi menjadi 30 unit di Kodim 0814 Jombang dan 30 unit di Dinas Pertanian Kabupaten Jombang.

Selanjutnya pada kegiatan tersebut telah dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi lahan PAT untuk melihat secara langsung kondisi lahan dan progres kegiatan PAT di lapangan. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat implementasi program dan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) di Kabupaten Jombang.

Laporan: Tok

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button