BANYUWANGIJATIM

Kepala Basarnas Buka Pelatihan Kemanusiaan ‘Karuna Nisevanam Top Drill Exercise’ 2024

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Kamis 29 Agustus 2024, Badan SAR Nasional (Basarnas) melaksanakan kegiatan Kemanusiaan, pelatihan pertolongan dan penyelamatan di area pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang, wilayah Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Kusworo, SE, MM menjelaskan, Karuna Nisevanam Top Drill Exercise diambil dari bahasa Sangsekerta yang terkandung nilai-nilai kemanusiaan, secara harfiah panggilan luhur, berbelas kasih dan pengabdian tanpa pamrih.

“Dalam nama tersebut terkandung ajakan untuk kita semua, senantiasa tertamamkan jiwa kemanusiaan, dalam membantu orang yang sedang menderita, dalam kondisi darurat tanpa memandang latar belakang, semangat kemanusiaan tanpa pamrih” jelasnya. Kamis (29/8/2024).

Latihan karuna nisevanam top drill exercise ini, merupakan latihan gabungan antara unsur yang dimiliki oleh Basarnas dengan lembaga Pemerintah Kementeriaan BUMN, lembaga Swasta dan Organisasi yang memiliki potensi SAR, untuk tahun 2024 ini dilaksanakan oleh 3 (tiga) kantor SAR, yaitu Surabaya, Denpasar dan Mataram, tentunya dengan staikholder maririm terkait di selat Bali.

Latihan ini tidak sekedar simulasi melainkan persiapan nyata dan siaga menghadapi tantangan yang terjadi, setiap langkah yang kita ambil, cerminan dedikasi dan tanggung jawab untuk mewujudkan rasa aman, nyaman buat masyarakat yang beraktifitas diatas alur penyeberangan pelabuhan Ketapang Banyuwangi, selain itu latihan ini berkomitmen yang kuat dan meningkatkan kesiapsiagaan pencarian dan pertolongan untuk melindungi, menyelamatkan saudara kita dalam situasi darurat.

Kegiatan latihan dalam pencarian dan pertolongan, dihadiri oleh Forpimda Banyuwangi, ASDP Indonesia Ferry Ketapang, KSOP Tanjugwangi, Satpolairud Polresta Banyuwangi, Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, Damkarmat Banyuwangi, Ambulance, dan staikholder terkait.

Laporan: Dj

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button