JATIMKESEHATANSIDOARJO

Anjungan Mandiri (AMAN) JKN Bantu Peserta Kian Mudah di Kantor BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo menyediakan Anjungan Mandiri (Aman) JKN bagi peserta yang datang ke kantor cabang tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas di loket pelayanan (Foto: ist)

SIDOARJO, BIDIKNASIONAL.com – Inovasi yang terus dikembang oleh BPJS Kesehatan semakin dinikmati oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Adapun salah satu inovasi yang saat ini sedang digemari peserta adalah Anjungan Mandiri (Aman) JKN.

Aman JKN adalah sebuah perangkat keras yang tersedia di Kantor BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan secara mandiri.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo Munaqib mengatakan bahwa Aman JKN ini bisa digunakan serta dinikmati oleh peserta yang datang ke Kantor Cabang.

“Aman JKN ini bisa digunakan oleh peserta yang datang ke kantor cabang tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas di loket pelayanan atau tanpa harus mengambil nomor antrean. Nantinya dari petugas keamanan akan diarahkan bilamana pelayanan yang dibutuhkan oleh peserta bisa dilakukan di Aman JKN,” Ujar Munaqib.

Munaqib menjelaskan, ada banyak fitur dari Aman JKN ini. Adapun untuk fiturnya adalah pengecekan status kepesertaan, pengecekann nomor virtual account, perubahan data yang dikhususkan untuk perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan kelas rawat, Info JKN yang terdiri dari info mobile JKN, layanan pandawa, dan Pendaftaran program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab).

Selain itu juga tersedia info tagihan iuran serta yang terakhir ada fitur cari lokasi yang terdiri dari lokasi kantor cabang dan lokasi fasilitas kesehatan.

“Semua fitur ini dapat peserta manfaatkan dan tentunya sangat membantu sekali ya, apalagi peserta tidak perlu mengambil nomor antrean,” jelasnya.

Munaqib juga menambahkan, selain pelayanan tatap muka, BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan non tatap muka. Adapun pelayanan itu adalah Pelayanan Administrasi Melalui Whatapp (Pandawa), Aplikasi Mobile JKN dan Care Canter 165.

“Untuk peserta yang tidak dapat datang langsung ke kantor cabang tidak perlu khawatir, saat ini kami ada pelayanan non tatap muka yang tentunya bisa diakses oleh peserta dimana pun dan kapan pun. Jadi peserta dapat memanfaatkan layanan pandawa di nomor 08118165165, aplikasi Mobile JKN maupun care canter 165,” tambahnya.

Diwaktu yang sama, Ari Febri yang tedaftar sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 2 mengatakan, dirinya sudah merasakan manfaat dari Aman JKN ini.

Awalnya, ia berniat untuk mengubah fasilitas kesehatan tingkat pertama dan sengaja datang lansung ke kantor cabang untuk mengurus kepesertaan JKN, ternyata ia diarahkan ke Aman JKN oleh petugas dan ternyata keperluannya bisa langsung teratasi tanpa harus mengambil nomor antrean.

“Saya sengaja datang ke kantor karena mau ubah faskes, terus pas di depan ditanya sama security kalau saya cukup di Aman JKN aja. Eh ternyata benar, saya tinggal masukan data dan nanti ada verifikasi melalui wajah. Tidak butuh waktu lama, urusan saya langsung kelar saya bisa pulang dengan cepat,” kata Ari yang sudah mengakses layanan administrasi di Aman JKN pada rabu (28/08) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo.

Menurutnya, inovasi ini sangat membantu sekali dalam memudahkan peserta mendapatakan pelayanan administrasi. Ari juga mengparesiasi fasilitas yang ada di Kantor Cabang BPJS Kesehatan yang mana ia merasa nyaman ketika masuk ke dalam kantor.

“Kantor BPJS Kesehatan ini menurut saya sangat nyaman ya, selain petugasnya ramah-ramah, fasilitas yang ada disini juga lengkap, bersih dan wangi lagi,” tuturnya.

Diakhir, Ari mengajak kepada peserta JKN yang tidak sempat datang ke kantor Cabang agar dapat memanfaatkan kanal layanan non tatap muka yang sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan. Ia juga menyarankan agar dapat mengunduh aplikasi Mobile JKN di gawai masing-masing.

“Yuk yang ga bisa ke kantor, sekarang BPJS Kesehatan sudah banyak kanal layanan yang tidak perlu datang ke kantor seperti Aplikasi Mobile JKN, Pandawa dan Care Canter 165. Semua itu bisa diakses dan tentunya sangat mudah ya, selamat mencoba,” tutupnya sembari memberikan senyuman hangat.

Laporan: red

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button