CIAMISJABAR

Masyarakat Sambut Antusias Perbaikan Saluran di Desa Kertahayu Ciamis

Perbaikan saluran irigasi di Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis (Foto: Asep Sujana BN Banjar)

BANJAR, BIDIKNASIONAL.com – Perbaikan saluran irigasi di desa Kertahayu kecamatan Pamarican, Ciamis, Jawa Barat berjalan lancar. Masyarakat Dusun Cilisung memyambut antusias pembangunan tersebut.

Pekerjaan dikerjakan oleh CV. Sinar Terang Perkasa dengan nilai kontrak Rp.498.241.000,- ,Waktu pelaksanaan 120 hari kalender Jenis pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Gunung putri II. Sumber Dana APBD Kab Ciamis (BKK JABAR), Tahun Anggaran 2024.

Pelaksana Lapangan Agus Kancil saat dikonfirmasi lewat WhatsApp mengatakan bahwa pekerjaan tersebut khususnya tenaga kerja mengutamakan tenaga setempa. “Ini salah satu pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan mengerjakan pekerjaan tersebut,” ucapnya.

Salah seorang warga Rasman dusun Cilisung mengatakan, “kami masyarakat setempat khususnya kaum petani merasa sangat terbantu dengan adanya perbaikan pembangunan saluran irigasi. Mudah mudahan pada saat ini kami bisa terbantu, karena saat ini masyarakat sedang terhimpit ekonomi karena gagal panen, lahan pesawahan kekurangan air padi jadi mengering kami menjerit harapan untuk panen menjadi gagal. Semoga di hari esok anak cucu kami tidak merasakan apa yang  kami alami saat ini,” ungkapnya.

“Harapan kaum petani semoga kedepannya saluran yang telah diperbaiki menjadi lebih baik lahan pesawahan kami bisa di aliri air dengan normal,” tambahnya.

Tanggapan ketua ASKINDO Kab Ciamis, Haji Kuswanto mengatakan, “Alhamdulilah wilayah Ciamis selatan ini mendapatkan beberapa program pembangunan infrastuktur berupa sarana jalan, pengairan dan bangunan sekolah, sehingga terutama sarana tranportasi dan pengairan akan lancar sesuai harapan masyarakat CIAMIS.
Dan ada beberapa saluran irigasi yang perlu ditangani oleh pemerintah daerah maupun provinsi salahsatunya adalah saluran irigasi gunung putri satu dari hulu sampai hilir,” bebernya.

Disebutkan, “masyarakat berharap untuk di Lining beton, supaya aliranya sampai ke desa sidaharja dan Sukajadi. Selama ini pada saluran irigasi tersebut sudah mengalami pendangkalan yang luar biasa sehingga air tidak sampai hilir saluran,” jelasnya.

Laporan: ASEP SUJANA

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button