JATIMKESEHATANSIDOARJO

Perjuangan Sri Astuti saat Suami Dirawat Bersama Program JKN

Sri Astuti (51) warga Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo manfaatkan Program JKN dalam situasi mendesak yang dialami anggota keluarganya (Foto: ist)

SIDOARJO, BIDIKNASIONAL.com – BPJS Kesehatan terus menjadi pilar utama dalam mendukung pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Banyak peserta yang telah merasakan manfaat dari program ini, salah satunya adalah Sri Astuti (51) warga Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo.

Sri Astuti berbagi pengalamannya dalam pemanfaatkan program JKN, terutama dalam situasi mendesak yang dialami anggota keluarganya.

“Suami saya pernah mengalami insiden kecelakaan tunggal dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Siti Fatimah Sidoarjo. Masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) langsung ditangani dan Alhamdulillah penanganannya cepat sekali. Setelah satu setengah jam menunggu, suami saya langsung dipindahkan ke kamar perawatan,” ujarnya dengan penuh rasa syukur.

Sri menjelaskan bahwa dalam kepengurusan BPJS Kesehatan ini sangat cepat sekali dan tidak ada yang namanya dipersulit oleh petugas BPJS Kesehatan atau rumah sakit. Ia menceritaan ketika dirinya harus mengurus kepesertaan suaminya yang awalnya iurannya dibayarkan oleh perusahaan, menjadi segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Dalam prosesnya, semua berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hal apapun.

“Saat suami saya sudah tidak bekerja ditempat ia bekerja, sementara kami alihkan kepesertaannya menjadi mandiri kelas tiga. Disitu saya mencoba mengurusnya dan Alhamdulillah petugas BPJS Kesehatan yang ada di kantor pada baik-baik dan menjelaskan secara detail dan membuat saya paham,” jelasnya saat selesai menerima pelayanan adminstrasi di kantor BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo.

Selain menceritakan pengalamannya yang positif dengan BPJS Kesehatan, Ibu Sri Astuti juga berbagi pandangannya tentang pentingnya memahami alur dan aturan dalam menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Untuk menjadi peserta JKN, kita harus dapat memahami alur dan mengikuti aturan yang ada. Hal itu tentunya agar pelayanan yang kita terima bisa sesuai dengan apa yang diharapakan,” bebernya.

Sri mengakui bahwa pentingnya Program JKN dalam jaminan kesehatan bagi setiap orang, hal itu ia ungkapkan ketika dirinya benar-benar merasakan manfaat dari Program JKN ini. Dengan pengalaman yang ia rasakan, membuat dirinya bersyukur dan bangga bisa menjadi peserta JKN aktif sampai dengan saat ini.

“Pengalaman saya saat di rumah sakit menjadi sebuah bukti bahwa JKN itu memang benar-benar sangat bermanfaat sekali. Disitu saya merasakan langsung dan apa yang dirasakan pasien lain pun sama. Mereka tidak mengeluar biaya apapun lagi saat selesai perawat di rumah,” ungkapnya.

Sri berpesan kepada seluruh peserta JKN agar rutin mengecek status kepesertaannya agar selalu dalam keadaan aktif. Ia juga mengatakan bahwa saat ini sudah banyak kemudahaan dalam melakukan pengecekan status kepesertaannya salah satunya melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Saat ini saya lebih paham kalau BPJS Kesehatan sudah banyak sekali kemudahannya. Untuk mengecek status kepesertaan sudah bisa lewat online tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Pokoknya sangat memudahkan sekali. Untuk peserta JKN lainnya agar rutin mengecek status kepesertaannya dan jangan lupa membayar iuran setiap bulannya,” pesannya.

Diakhir, Sri mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang tidak henti-henti nya memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta khususnya kepada keluarnya sendiri. Ia yang sudah mendapatkan pelayanan yang terbaik sangat bersyukur dan tentunya tidak mengeluarkan biaya sama sekali saat pengobatan suaminya.

“Terima kasih saya ucapkan dan semoga BPJS Kesehatan selalu hadir di tengah masyarakat dan program JKN ini sangat dibutuhkan oleh semuanya. Sekali lagi terima kasih banyak,” tutupnya.

Laporan: rn/dd/red

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button