JATIMLAMONGAN

Pelantikan PWI Lamongan, Ketua PWI Jatim: Jurnalistik Adalah Karya Intelektual yang Mencerdaskan

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan masa bakti 2023-2026 resmi dilantik (Foto. dok: Bang IPUL / Tian)

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Jurnalistik Adalah Karya Intelektual Yang Mencerdaskan. Hal ini disampaikan oleh Ketua PWI Provinsi Jawa Timur Lutfil Hakim saat acara pelantikan Pengurus Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan yang dihelat di Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan.

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan masa bakti 2023-2026 pada hari ini Selasa, (18/07) pagi, resmi dinahkodai oleh Kadam Mustoko wartawan harian duta masyarakat bersama M. Nur Ali Zulfikar sebagai Sekretaris dan Gamal menduduki jabatan bendahara.

Hadir juga dalam acara ini, Bupati Lamongan Yuhronur Effendi, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, Forkopimda, para kepala OPD, Camat, perwakilan Kepala Desa dan Kepala Sekolah se- Kabupaten Lamongan.

Usai melantik, Lutfil Hakim Ketua PWI Jatim menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi para anggota PWI Lamongan yang baru dilantik, serta memiliki integritas tinggi dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis.

Mempertegas hal tersebut, Lutfil Hakim Ketua PWI Jatim mengungkapkan bahwa profesi jurnalis harus bisa menerangi dan mencerdaskan warga masyarakat.

Meski demikian menurutnya, “PWI harus bisa searah dengan semua stakeholder pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan.

Bukan hanya menyampaikan berita-berita yang positif, lanjutnya, tetapi juga tetap memberikan kritik dan kontrol jika ada salah atau penyimpangan yang didukung dengan data-data yang akurat,” tegas Lutfil Hakim.

Lutfil Hakim berpesan kepada para wartawan yang tergabung dalam PWI Lamongan agar dapat bekerja sesuai dengan kode etik dan ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1995 tentang PERS.

“Tugas utama wartawan adalah menulis berita dan menginformasikan kepada masyarakat,” kata Lutfil Hakim Ketua PWI Provinsi Jawa Timur ini.

Sementara, Ketua PWI Lamongan Kadam mustoko dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telibat dalam kegaitan pelantikan PWI Lamongan kali ini.

Pasalnya kata Pak Kadam sapaan akrab Ketua PWI Lamongan yang baru dilantik ini, berkat dukungan penuh semua pihak terkait khususnya teman-teman pengurus serta anggota PWI Lamongan seluruh agenda kegiatan pelantikan ini berjalan lancar, sesuai harapan.

Dalam kesempatan ini disampaikan Kadam, “Banyak pihak yang mengaku-ngaku sebagai wartawan, dengan mengambil keuntungan untuk kepentingan pribadi.

“Untuk itu, terang dia, kami berharap kepengurusan baru PWI Lamongan bisa mengembalikan marwah wartawan sebagai bagian dari fungsi edukasi dan control sosial,” ungkap Kadam Mustoko saat memberikan sambutan usai dilantik oleh Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim.

Dalam kesempatan acara pelantikan pengurus PWI Kabupaten Lamongan saat ini, Bupati Lamongan Yuhronur Effendi, sangat mendukung literasi profesi wartawan.

“Besar harapan kami, PWI, Wartawan dan media yang lain dapat berperan besar dalam kolaborasi pentahelix dalam mendukung pencapaian kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

Selain itu, Yuhronur berharap PWI Lamongan bisa membantu menyebarkan capaian kinerja pembangunan serta informasi yang diterima masyarakat.

Hal ini akan memberikan energi positif untuk mendorong kami terus meningkatkan layanan untuk masyarakat di Kabupaten Lamongan,” terang Bupati Lamongan mengakhiri sambutannya.

Kegiatan Pelantikan Pengurus PWI Lamongan sekaligus penandatanganan nota kesepahaman pencegahan penyalahgunaan profesi wartawan.

Bersama Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Kepala Pengadilan Agama, Kodim 0812, Polres, Ketua DPRD serta Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Sebelumnya, Kadam Mustoko terpilih sebagai Ketua PWI Lamongan, melalui (KLB) konferensi luar biasa pada hari Sabtu tanggal 6 Mei 2023.

Kadam Mustoko menggantikan Ketua PWI Lamongan sebelumnya Bachtiar Febrianto yang mengundurkan diri dari jabatannya, sebelum masa periodenya habis, karena alasan pindah tempat kerja di luar Kabupaten Lamongan.

Penulis : Bang IPUL / Tian
Editorial : Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button