JATIMJOMBANG

DP2KBP3A Pemkab Jombang di Tahun 2023 Sudah Memberikan Outcome Dan Benefit Yang Baik

Dr. H. Pudji Umbaran, Kepala DP2 KBP3 A Jombang (dok.foto: tok BN.com)

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Belanja negara merupakan bentuk rencana kerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan. Menurut Dr. H. Pudji Umbaran, Kepala DP2 KBP3 A Jombang, aktifitas pemerintah dapat dirasakan oleh masyarakat ketika proses belanja selesai dilakukan, seperti pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Pemkab Jombang tercatat menetapkan untuk anggaran untuk tahun 2023,sudah dilaksanakan dengan baik dan transparan.

” Seperti halnya pada kegiatan itu diantaranya, pada belanja kawat/Faksimili/Internet/TV berlangganan, Kemudian ada kegiatan lain untuk belanja Langganan Jurnal/Surat kabar/Majalah, kesemuanya sudah di kerjakan.
Perlu diketahui, bahwa untuk salah satu titik strategis penyelenggaraan pemerintahan adalah belanja negara. Mekanisme belanja harus disusun sedemikian rupa sehingga proses belanja dapat dilakukan secara terkendali,” sambungnya lagi.

Selanjutnya oleh salah satu petugas PPK DP2 KBP3A Jombang Fery mengatakan, Semua kegiatan untuk anggaran yang ada , semisal untuk kebutuhan uang harian perjalanan dinas dalam daerah non ASN. Anggaran yang di terima sudah terserap semua.

Dikatakan, Pemerintah selaku organisasi, nonprovit memang tidak di tuntut untuk menghasilkan keuntungan, tapi bukan berarti kita dapat mengeluarkan uang ( belanja ) dengan seenaknya. Auditor pemerintah juga memberi perhatian lebih pada audit atas belanja. Karena pada kenyataan nya sebagian besar kebocoran APBN terletak pada pelaksanaan belanja.

” Jangan sampai ada kebocoran pada anggaran pemerintah di DP2KBP3A Jombang yang nantinya ada tudingan seperti KKN . Ini yang di kwatirkan ada nya ketidak pahaman penyelenggara negara dalam melakukan proses belanja,” ujarnya.

Sementara itu Rofiul Main yang juga salah satu petugas DP2 KBP3A Jombang ikut menambahkan,” untuk diketahui, bahwa pada DP2KBP3A Kabupaten Jombang sudah melakukan yang benar,setiap penyusunan anggaran sudah di susun atas output yang ingin di capai. Indikator output ini untuk mengetahui efektifitas anggaran belanja . Oleh karena itu ,kualitas output sangat menentukan kualitas kualitas belanja. Output yang baik akan memberikan outcome (hasil) dan benefit (manfaat) yang baik . Karena output yang baik disusun atas dasar analisis kebutuhan,” ujar nya kepada Bidik Nasional (BN).

Laporan: Tok

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button