JATIMMAGETAN

Pemeliharaan Berkala Talud Sumber Agung – Plangrongan Plaosan Magetan

MAGETAN, BIDIKNASIONAL.com – Bidang Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Magetan secara berkala ataupun priodik setiap tahun termasuk Tahun 2024 ini telah mulai melaksanakan pemeliharaan baik jalan, jembatan dan Talud dan salah satu nya pemeliharaan berkala yang kini telah berlangsung pengerjaan pemeliharaan berkala berupa Talud dan saluran irigasi SumberAgung – Plangrongan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan.

Salah satu pekerja pembangunan talud & saluran irigasi, Dika mengatakan bahwa panjang Talud & Saluran 111 meter
lebar Talud atas 0,25 meter, tinggi 1,20 meter dan lebar saluran irigasi dasar/lantai 0,80 meter serta dengan anggaran Rp. 168.390.000 yang bisa di lihat pada papan proyek.

Dika pun menambahkan, waktu pengerjaan bisa diselesaikan sesuai jadwal yang ada yaitu 90 hari kalender, semoga saja sebelum usai jadwal semua pekerjaan bisa terselesaikan

Budi direktur CV. mufii Design sebagai konsultan pengawas proyek pekerjaan pemeliharan berkala pengerjaan Talud dan Saluran Irigasi Sumberagung ke Plangrongan Kecamatan Plaosan saat dihubungi lewat seluler, berucap” Segi material aja yaitu berupa Pasir dan Batu saja harus sesuai standard yang ada di kontrak dan begitu pula kualitas campuran serta termasuk saat finishing kami perhatikan betul”.

“Yang kami sebutkan tadi bila tidak sesuai dari material pasir & batu akan suruh ganti termasuk konstruksi talud dan saluran irigasi akan kita bongkar bila tidak sesuai spesifikasi yang ada,” ujar Budi pula.

Supardi Lurah desa Plangrongan mengatakan atas nama masyarakat desa Plangrongan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Magetan yang telah membangun jalan, taluran dan saluran irigasi.

“Harapan kami kepada pemerintah Magetan kedepannya memperhatikan jalan dari desa Bangsri Kecamatan Ngariboyo ke jalan desa Plangrongan Kecamatan Plaosan hingga menuju Sarangan begitu sempit sehingga anak-anak sekolah dan lain nya setiap hari nya sebagai pengguna jalan tersebut aktivitas ramai dan begitu pula saat hari Sabtu-Minggu para Wisatawan yang ke Sarangan yang menggunakan jalan alternatif ke tiga begitu ramai dimohonkan untuk diperlebar serta penambahan Penerangan Jalan Umum ( PJU ) antara desa Plangrongan ke desa Sidomukti sangat kurang sekali sehingga malam hari agak begitu gelap,” ucapnya.

Muktar Kepala Dinas PUPR Magetan saat di temui dalam ruang kerja nya memyampaikan, Pemerintah Kabupaten Magetan via Dinas PUPR sebagai pelaksana langsung pengerjaan peningkatan dan pemeliharaan khususnya jalan itu ada 3 kreteria yaitu yang pertama pemeliharaan rutin yang tingkat kerusakan di bawah 5% itu pun telah dilaksanakan setiap tahun dan di kerjakan UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang ada.

Diteruskan oleh Muktar, ke dua Pemeliharaan berkala bila tingkat kerusakan mencapai 15% – 20% yang mana kami usulkan dalam persetujuan anggaran proyek yang kemudian ditenderkan.

Lanjut beliau pula, Peningkatan merupakan beberapa penyebab yaitu ada nya pengguna jalan semakin ramai yang melalui jalan tersebut maka kita usul kan untuk dapat persetujuan pelaksanaan pelebaran jalan dan terkait konstruksi jalan karena yang menggunakan jalan itu bertambah dengan angkutan yang berat maka konstruksi jalan di tambah dengan penambahan tebal aspal dan ataupun bila memungkinkan anggaran ada kami kerjakan dengan aspal beton (Rijij).

” Usulan lurah dan masyarakat desa Plangrongan telah disampaikan dalam Musrenbang Kabupaten untuk dilebarkan sekaligus di Hotmig,” kata Muktar.

Ditambahkan, “Sebenar nya kami sudah sosialisasikan pelebaran jalan tahun kemarin namun tidak ada respon dari masyarakat desa dan akhir nya kami pun melebarkan beberapa meter sebelah Barat saja dan tahun 2024 setelah tahu pelebaran jalan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, baru lah mengusulkan,” ungkapnya. (Adv)

Laporan: Ashar

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button