JATIMPASURUAN

Aplikasi Mobile JKN Solusi Pintar Gali Informasi, Pendaffaran Pelayanan Antrean Online Hemat Waktu

Diyanah Ibtihal Khairiyah (21) warga Dusun Lumbang Krajan, Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan pengguna Aplikasi Mobile JKN (Foto: ist)

PASURUAN, BIDIKNASIONAL.com – Berharap banyak atas program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), perempuan yang memiliki nama lengkap Diyanah Ibtihal Khairiyah usia 21 tahun, warga Dusun Lumbang Krajan, Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, mengaku bahwa aplikasi Mobile JKN solusi gampang menggali informasi program BPJS Kesehatan serta sistem Pelayanan Pendaftaran Antrean Online yang dapat diakses melalui kanal Aplikasi Mobile JKN dapat menghemat waktu, dimanapun dan kapanpun tanpa harus mengganggu pekerjaan.

Diyanah nama panggilan akrabnya menceritakan, proses pengalaman medisnya ini diawali ketika dirinya sedang hamil anak pertamanya, sehingga proses pemeriksaan medis di Fasilitas Kesehatan yang telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Rumah Sakit Sahabat Sukorejo Pandaan Pasuruan dipandang cukup mudah dan cepat.

“Peserta JKN dapat mengambil nomor antrean di mana saja dan kapan pun. Sistem Antrean Online diperuntukkan bagi pasien peserta JKN yang akan mengakses layanan kesehatan. Tujuannya untuk mengatasi antrean peserta yang menumpuk di fasilitas kesehatan. Melalui sistem antrian online, peserta dapat mengetahui perkiraan waktu pelayanan di Fasilitas Kesehatan, sehingga peserta tidak perlu menunggu terlalu lama,” ucap Dinayah.

Perempuan yang terdaftar di Kelas 1 PPU (Peserta Penerima Upah) kepesertaan ikut suami sebagai pekerja di Indomaret tersebut menjelaskan, kenal Aplikasi Mobile JKN dari petugas Duta JKN di RS Sahabat.

“ Asal mulanya, saya dikenalkan Aplikasi Mobile JKN ini oleh salah satu Duta Mobile JKN di RS Sahabat. Beberapa penjelasan mulai dari informasi dan program BPJS Kesehatan lengkap ada dalam aplikasi pintar ini,” kata Dinayah.

Selanjutnya kata Dinayah,” pilihan efektif yang saya pilih adalah, pindah fasiltas kesehatan ke RS Sahabat, Cek keaktifan Kartu, pilih antrean online setiap hendak periksa kehamilam,” cetus Dinayah.

Dengan fitur ini, Dinayah menyebutkan, ia mendapatkan berbagai manfaat seperti dapat mengambil nomor antrean BPJS Kesehatan dari rumah, menentukan jadwal ke faskes, mendapatkan kepastian antrean, memilih dokter, mengetahui antrean yang dilayani secara real time dari HP, mengubah jadwal antrean dari HP jika ada halangan mendadak.

Selain itu, Dinayah juga membeberkan, tidak perlu datang terlalu awal untuk mengantre nomor urut di FKTP dan tidak perlu mengantre di bagian administrasi.

“ Lebih-lebih, kehadiran inovasi Sistem Antrean Online berbasis mobile ini pelayanan di fasilitas kesehatan menjadi lebih efektif dengan memangkas waktu tunggu pasien di Fasilitas Kesehatan,” tambahnya.

Lebih jauh disampaikan, kecepatan antrean online dapat dipantau melalui layar yang disediakan oleh pihak rumah sakit. Nomor antrean yang selalu diupdate memudahkan pasien memantau pergerakan.

“ Tadi saya datang jam 09.00 wib sesuai pesanan saya di antrean online Mobile JKN. Hal ini rangkaian dari surat rujukan yang kami peroleh dari dokter di tanggal 23. Setelah daftar kembali di loket pendaftaran, duduk sebentar, kemudian, nomor antrean saya sudah dipanggil. Terkesan sangat cepat tanpa harus menunggu lama,” ungkap Dinayah.

Bukan hanya sistem antrean online nya yang cukup membantu, namun sambung Dinayah, persalinan melalui operasi caesar anak pertama juga dilayani di RS Sahabat.

“ Harapan saya, baik di faskes Rumah Sakit Sahabat dimanapun itu, mau di Poli, IGD dan kamar ruang rawat inap, seluruh petugas medis selalu menjalankan tugasnya sesuai prosedur yang berlaku. Dan kami memohon agar pelayanan terus ditingkatkan,” pungkas Dinayah diakhir pembicaraan.

Laporan: Red

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button