CIAMISJABAR

Warga Dusun Cikawung Gembira atas Pembangunan Saluran Pembuangan Melalui Kelompok Tani P3-TGAI dari BBWS Citanduy

CIAMIS, BIDIKNASIONAL.com – Warga Dusun Cikawung, Desa Bojong Mengger merasa gembira atas pembangunan saluran pembuangan melalui kelompok tani Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari BBWS Citanduy.

Program dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikerjakan oleh kelompok Tani Sugema Hurip Desa Bojong Mengger, Kecamatan Cinjeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

P3TGAI merupakan pekerjaan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan oleh petani setempat ini merupakan pemberdayaan masyarakat setempat untuk mengurangi angka pengangguran walaupun cuma sementara dan tentunya menambah penghasilan .

Salah satu program pemerintah P3-GAI ini adalah untuk meningkatkan kan ketahanan pangan dan mudah mudahan kedepannya hasil panen para petani bisa meningkat , walaupun cuma dua kali panen karena lahan pesawahan mereka adalah lahan tadah hujan jadi cuma ada air ketika musim hujan dan begitu juga akan kering bilamana musim kemarau.

Salah seorang warga petani Jajang mengatakan dengan adanya program ini kami khususnya para petani mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa dan BBWS Citanduy yang telah merealisasikan program P3AI ini kami sangat terbantu, pembangunan saluran ini sangat bermanfaat sebagai saluran pembuang ketika air penuh sawah dan begitu juga sebaliknya.

Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS ) Citanduy melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) SDA II turut melaksanakan P3-GAI.

Ketua kelompok Zam Zam mengatakan melalui program P3TGAI ini, selain untuk meningkatkan produksi pertanian, program ini juga meningkatkan pendapatan masyarakat, karena P3TGAI ini dikerjakan dengan program Padat Karya Tunai (PKT)mengenai material yang dipakai semua sesuai dengan spek, ini pekerjaan kami dan sudah barang tentu kami lah yang akan Merakan manfaatnya maka kami bekerja mengutamakan kualitas, pungkasnya.

Laporan: Asep

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button