PAKPAK BHARATSUMUT

Rusak Parah Puluhan Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Jalan Penghubung Desa Bandar Baru Minta Diperbaiki

Kondisi Jalan Penghubung Desa Bandar Baru,Kecamatan STTU Jehe Menuju Desa Mahala,Kecamatan Tinada,Kabupaten Pakpak Bharat.//(Foto: Agus Darminto)

PAKPAK BHARAT, BIDIKNASIONAL.com – Jalan di Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara (Sumut) mengalami kerusakan yang cukup parah. Jalan yang menghubungkan antara Desa Bandar Baru Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe (STTU Jehe) dengan Desa Mahala di wilayah Kecamatan Tinada.

Menurut Informasi jalan rusak kurang lebih hingga satu Kilometer statusnya milik Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

Pantauan BIDIKNASIONAL.com jalan tersebut bukan hanya berlubang, di beberapa titik jalan bahkan terlihat hanya tersisa tanah dan bebatuan, sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Lebih parahnya lagi kondisi kerusakan saat musim hujan. Tentunya dengan kondisi seperti itu dapat membahayakan bagi pengendara yang melintas dan berpotensi merusak kendaraan.

Salah seorang warga Desa Bandar Baru Kecamatan STTU Jehe bermarga Sinamo mengatakan jika kerusakan di jalan tersebut telah berlangsung cukup lama, namun belum ada penanganan yang serius dari pihak terkait.

“Ada saja pengendara yang jatuh setelah kena lubang. Karena rusaknya memang cukup parah. Kendaraan juga bisa cepat rusak kalau jalannya seperti itu,” Kata nya saat melintasi jalan itu sepulang dari ladang, Jum’at (15/12/2022).

Sebelumnya jalan ini sudah ada yang melakukan survei dan mengukur jalan itu, tapi hingga saat ini tidak ada perbaikan,” tambahnya.

Bahkan kata Sinamo, jalan itu sudah sering diperbaiki warga secara swadaya dengan cara melakukan penimbunan batu agar bisa di lalui. Karena jalan ini akses jalan menuju dan keluar masuk nya warga membawa hasil taninya.

Oleh sebab itu, Ia berharap agar pihak terkait dapat segera memperbaiki jalan yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan tersebut.

Sebelumnya dilansir dari Wahananews.co, Warga Desa Mahala Kecamatan Tinada telah meminta perhatian pemerintah untuk perbaikan akses jalan ke Desa Bandar Baru Kecamatan Sitelu Tali Urang Jehe (STTU Jehe), Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Warga menyebut, kondisi jalan dari Dusun Ampeng di Desa Mahala ke Dusun Nantabar Desa Bandar Baru, sangat memprihatinkan. Sekitar 1 kilometer, rusak parah.

Padahal, jika warga akan membawa hasil tani untuk dijual atau sebaliknya belanja di onan (pajak) Sibande, harus melalui akses jalan itu.

Adi Solin, warga Dusun Ampeng kepada WahanaNews Rabu (27/4/2022) mengatakan, pihaknya sangat berharap adanya perhatian dari Pemkab Pakpak Bharat, memperbaiki jalan itu.

Dikatakan, hampir setiap hari, termasuk ke ladang, warga setempat harus melintasi jalan itu. Kesulitan sangat dirasa, terlebih saat menggunakan kenderaan roda dua.

“Tapi walaupun demikian, kami harus tempuh. Karena ini jalan kami satu-satu nya menuju pekan Sibande, untuk membeli kebutuhan kami sehari-hari,” kata Adi Solin.

Laporan: AGUS DARMINTO

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button