JATIM

SEMPAT MANGKRAK, KINI GEDUNG LOKAPHALA DI KRIAN BERDIRI MEGAH

SIDOARJO, JATIM, BN – Sempat mangkrak, kini Gedung Serba Guna (GSG) Lokaphala Kecamatan Krian mulai hari ini bisa difung-sikan kembali setelah selesai dilakukan revitalisai.

Sebelumya gedung Lokaphala itu sudah lama mangkrak tidak bisa digunakan kegia-tan oleh warga karena rusak.

Gedung yang dibangun pada masa era Bupati Soegondo ini sekarang berdiri dengan megah dan sudah bisa diman-faatkan kembali oleh warga setelah diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Rabu (28/3).


Revitalisasi gedung Lokaphala yang mene-lan anggaran Rp 7,6 milyar ini rencananya akan dijadikan pusat kegiatan oleh masya-rakat Krian.

Menurut Camat Krian Agustin selama ini warga kesulitan mencari tempat yang luas karena di wilayah Sidoarjo barat sulit sekali mencari gedung yang disewakan.

“Sekarang masyarakat Krian bisa meman-faatkan gedung ini untuk kegiatan hajatan perkawinan atau kegiatan lain seperti wisu-da sekolah”, terang Agustin.

Saat ini Agustin masih melakukan koor-dinasi dengan beberapa pihak terkait penentuan besaran biaya administrasi untuk pinjam pakai gedung Lokaphala, karena sudah banyak yang berkeinginan mema-kainya, namun dirinya masih belum bisa menjawab karena belum tahu besaran biaya untuk sewanya.

Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin me-minta kepada Camat Krian agar gedung Lokaphala yang sudah bagus dan cukup megah ini dijaga dengan baik, segera dibuat perencanaan terkait dengan anggaran ope-rasional, seperti anggaran pemerliharaan gedung dan menyiapkan petugas jaga.

“Setelah ini Bu Camat segera membuat perencanaan anggaran pemeliharaan dan menyiapkan petugas yang mengelola keber-sihan gedung, terkait dengan penentuan biaya sewa pinjam pakai gedung bisa se-gera dilakukan koordinasi dengan dinas terkait”, ujar Cak Nur sapaan akrab Wakil Wakil Bupati.

Gedung yang sudah megah ini dilengkapi dengan tempat parkir yang cukup luas terletak lantai bawah, Cak Nur berpesan kepada Camat Krian agar halaman depan dibuat taman biar terlihat hijau.



Sebelumnya, gedung Lokaphala yang berada di Jalan Raya Desa Krajan Krian ini dires-mikan semasa bupati Soegondo menjabat tahun 1985 -1990.

Usianya sudah puluhan tahun dan sebe-lumnya kondisinya memprihatinkan, kemu-dian atas permintaan warga Krian kepada Bupati Saiful Ilah agar gedung Lokaphala bisa difungsikan kembali seperti dulu.

Kemudian tahun 2016 Bupati Saiful Ilah memerintahkan dinas PU PR untuk mela-kukan revitalisasi dengan membangun kembali gedung Lokaphala karena sejak dulu gedung ini menjadi pusat kegiatan masyarakat Krian. (Yah).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button