SUMUT

Kadis Kominfo Buka Pelatihan TIK dan Blog KIM Labuhanbatu

LABUHANBATU, SUMUT, BN – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu H Muhammad Ihsan Harahap, ST atas nama Plt. Bupati Labuhanbatu menyematkan tanda peserta pada acara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Pengenalan TIK dan Pembuatan BLOG Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 di Aula Diklat BKPP.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan revitalisasi dan reaktualisasi dari kelompencapir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintah dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan Good Governance.

Hal tersebut dikatakan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam pidato tertulisnya yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Labuhan-batu H. Muhammad Ihsan Harahap, ST, Senin (27/8) pagi.

Katanya, KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat, selain itu menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyeba-ran informasi serta penyerapan aspirasi masyarakat.

“Kita sadari bersama, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari segala aspek kehidupan kita sehari-hari dengan peman-faatan teknologi informasi dan komunikasi dapat mempermudah penyebarluasan informasi disegala bidang, salah satu diantaranya adalah aplikasi WEB yang berbentuk Blog,” kata Ihsan Harahap.

Menurut Ihsan Harahap, Blog adalah salah satu sarana media publikasi untuk menya-lurkan aspirasi-aspirasi pribadi maupun kelompok, juga dapat memperluas teman/kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar dan dapat digunakan untuk sarana berbisnis.

“Dengan diadakannya kegiatan pelatihan pengenalan TIK dan pembuatan Blog ini diharapkan kepada Kelompok Informasi Masyarakat agar dapat membangun informasi di komunitas antara KIM dengan Pemerintah”, jelas Ihsan Harahap.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan yang diwakili Abdur Rahman Harahap dalam sambutan-nya mengatakan, “Agar penggunaan TIK dapat memperoleh manfaat yang tepat serta terhindar dari dampak negatif, diperlukan kebijakan dan upaya pengawasan terhadap anak-anak dalam memanfaatkan internet, agar mereka mampu menggunakan internet secara benar dan efektif,” lanjutnya.

Karena itulah untuk kepentingan perlindu-ngan anak-anak, keluarga kita, diharapkan para orang tua terutama Kelompok KIM agar memiliki peran penting dalam membina dan menggunakan internet sebagai upaya menanggulangi ekses yang ditimbulkan dari penggunaan internet tanpa etis.

Abdur Rahman berharap, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah komunikasi, interaksi, diskusi dan koordinasi sehingga mampu memberikan kontribusi positif pada pemanfaatan TIK dan implementasinya di daerah Labuhanbatu.

Sementara, Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Labuhanbatu Siti Nursani Lubis dalam laporannya menjelaskan, Kegiatan Pelatihan Pengena-lan TIK dan Pembuatan Blog ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 27 s/d 28 Agustus 2018 di Aula Diklat BKPP Labuhanbatu yang diikuti sebanyak 60 orang peserta berasal dari sembilan kecamatan.

Menurut Siti Nursani, maksud dilaksanakan-nya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang komunikasi dan informasi dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya untuk Kelompok Informasi Masyarakat yang berkompeten dan mampu menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi.

Selama berlangsungnya kegiatan Pelatihan TIK dan Pembuatan Blog ini, para peserta dibina dan dibimbing oleh nara sumber dari Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan serta dari Dinas Kominfo Kabupaten Labuhanbatu. (M.SUKMA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button