Connect with us

Bidik Nasional

Pemkab Labuhanbatu Akan Tindak Pemilik Galian C Tidak Berijin

SUMUT

Pemkab Labuhanbatu Akan Tindak Pemilik Galian C Tidak Berijin

Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe bersama wartawan Bidik Nasional M.Sukma saat dikonfirmasi terkait maraknya Galian C tidak memiliki ijin.

LABUHANBATU, SUMUT, BN – Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe marah dan pihaknya akan menindak dan menutup pemilik galian C yang tidak memiliki ijin namun tetap beroperasi.

“Kalau benar ada galian C yang beroperasi tanpa ijin, akan saya perintahkan dinas terkait segera menutupnya, “ucap Andi Suhaimi menjawab wartawan di sela sela acara lomba masak ikan di gedung Kesenian jalan Pramuka Rantauprapat, Rabu (19/9/2018).

Dijelaskannya, kalau tidak segera ditutup dan diberikan sanksi akan berdampak negatif karena tidak tertutup kemungkinan akan menjamurnya galian C tidak berijin namun mengambil dan menjual hasil tambang.

“Pemkab bukan menghambat dunia usaha, tetapi lengkapi dahulu persyaratannya, jangan sampai ada kesan tebang pilih, apa lagi itu berkaitan dan berdampak tarhadap lingkungan,” tegasnya.

Menurut Plt Bupati, sebenarnya dengan mengurus ijin, pengusaha sudah memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti pajak. Tetapi bila mereka tidak mengurus ijin maka PAD daerah tidak akan didapat sebagai mana semestinya.

“Kita akan stop semua galian C yang tidak berijin, tanpa ada pengecualian dan bila tetap menjalankan atau beroperasi maka kita akan pidanakan, “tegas Plt Bupati yang dikenal sepak terjangnya di organisasi kepemudaan.

Terpisah, Kasat Pol PP Pemkab Labuhanbatu, Abdul Haris Nasution mengatakan pihaknya bersama dinas terkait lainnya segera turun kelapangan apa bila diperintahka menutup galian C tak berijin.

“Kita siap melakukan action, agar ada contoh bagi pelanggar Perda dan peraturan lainnya seperti pemilik galian C tak berijin, namun beroperasi” ujar Haris.

Dijelaskanya,apabila ada perintah langsung dari Bupati, pihaknta akan meminta bantuan secara tertulis dari personil polres dan TNI untuk action menutup Galian C dimaksud.

Penuturan Camat Bilah Barat Nunggang Siregar banyak Galian C yang beroperasi di wilayah nya tapi saya tidak pernah mengeluarkan surat Rekomandasi dan pengusaha Galian C yang memiliki usaha di wilayah saya tidak pernah mengurus surat rekomandasi di kantor.” ujar, “Nunggang. (M. SUKMA)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in SUMUT

To Top