SUMUT

Plt. Bupati Labuhanbatu Buka Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2019

LABUHANBATU, SUMUT, BN – Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT didampingi unsur Forkopimda, Sekdakab, Ketua KPU dan Bawaslu Membuka rapat koordinasi persiapan Pemilu dan mengajak Para Camat, Kepala Kelurahan dan Kepala Desa untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Labuhanbatu.

Ajakan atau himbauan tersebut diungkapkan Andi Suhaimi, Senin (18/3/2019) pada saat membuka Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Ruang data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu yang turut dihadiri para Kepala OPD se-Labuhanbatu.

“Mari kita sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019 dengan melibatkan semua pihak dan turut bersama-sama mencegah intoleransi yang dapat memecah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, kata Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi mengungkapkan, menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah memiliki peran untuk membantu dan memfasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas penyelenggaraan Pemilu.

“Bantuan yang dimaksud yakni menugaskan personil pada sekretariat PPK Panwaslu Kecamatan dan PPS menyediakan sarana ruangan sekretariat PPK Panwaslu Kecamatan dan PPS, melaksanakan sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan Pemilu,” ujar Andi Suhaimi.

Andi Suhaimi menambahkan, Pemerintah Daerah juga melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu, kelancaran transportasi pengiriman dan kegiatan lain yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan Pemilu.

Lebih lanjut Plt Bupati Labuhanbatu menyebutkan, dinamika kehidupan sosial politik dan keamanan menunjukkan gejala intensitas tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari stabilitas keadaan sosial politik pada saat ini, ditandai dengan meluasnya gangguan media sosial untuk aktivitas provokasi dan propaganda negatif serta penyebaran berita bohong atau hoax.

“Hal tersebut mendorong perilaku intoleransi dan anti kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam menyikapi kondisi tersebut negara khususnya Pemda harus hadir untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara khususnya masyarakat Kabupaten Labuhanbatu,” sebut Andi Suhaimi.

Terakhir, Andi Suhaimi meminta kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, para Camat, Lurah dan Kepala Desa agar melakukan sinergitas antara stakeholder guna suksesnya tahapan Pemilu serentak Tahun 2019, khususnya dalam upaya mendeteksi potensi kerawanan dan pemusatan lokasi penyimpanan serta keamanan logistik.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik H. Hasnul Basri, S.Sos menyampaikan bahwa Rakor persiapan Pemilu bertujuan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan, tahapan-tahapan dan persiapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif Tahun 2019, serta membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh pemangku kebijakan dalam menyongsong Pemilu.

“Dengan adanya Rakor persiapan Pemilu tersebut, diharapkan dapat terlaksana pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif dapat berjalan dengan aman dan damai, tanpa menimbulkan gejolak apapun serta mengoptimalisasi pengamanan dan pencegahan potensi konflik Pemilu Serentak Tahun 2019”, ujarnya. (M.SUKMA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button